Apa itu bokeh? Inilah efek fotografi yang dijelaskan

  1. Home
  2. /
  3. Tekno
  4. /
  5. Umum
  6. /
  7. Apa itu bokeh? Inilah efek fotografi yang dijelaskan

Apa itu bokeh? Inilah efek fotografi yang dijelaskan

Posted in : Tekno, Umum on by : admin

(Pocket-lint) – HTC akan meluncurkan ponsel Android barunya yang terkenal, HTC One (M8). Dan fitur smartphone yang paling banyak dibicarakan adalah lensa kamera yang menghadap ke belakang dan kemampuan menghasilkan bokeh.

Fotografer memikirkan tentang bokeh, serta berbagai kata sifat yang menggambarkannya dan lensa mana yang menangkap atau mencapai efek terbaik. Jadi, jangan terlalu kaget mendengar tentang dunia fotografi langsung ketika datang ke HTC One baru dan apakah itu dapat melakukan bokeh yang sebenarnya.

Namun demikian, ada berbagai jenis bokeh. Ada bokeh yang baik dan buruk, dan Anda bisa mencapainya dengan banyak cara. Jika Anda benar-benar malu dengan bokeh dan menginginkan informasi lebih lanjut, apalagi bagaimana HTC dapat menyertakan efek sebagai bagian dari toolkit HTC One, baca terus. Pocket-lint menjelaskan semuanya dan memberikan contoh di mana untuk memulai.

BACA: Tanggal rilis HTC One (M8), rumor dan semua yang perlu Anda ketahui (diperbarui)

Apa itu bokeh?

Bokeh adalah nama resmi untuk efek fotografi tertentu. Nama ini sebenarnya berasal dari kata dalam bahasa Jepang kabut atau kabut: boke. Ambiguitas bahasa Jepang ini juga berasal dari kata berkualitas: boke-aji. Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa bokeh adalah kualitas estetika dari ambiguitas yang tidak fokus.

Untuk definisi yang lebih teknis, Nikon mendeskripsikan bokeh sebagai “lembut, efek non-fokus yang Anda dapatkan saat Anda membidik subjek dengan lensa cepat pada aperture terlebar, seperti f / 2.8 atau lebih besar” Dengan kata lain, bokeh diindikasikan oleh lensa kamera, dan lensa yang berbeda menghasilkan hasil yang berbeda. Ini karena bokeh dipengaruhi oleh lensa (lebih tepatnya, bentuk diafragma).

Nikon mengatakan lensa dengan bilah yang lebih tajam akan memiliki reflektor bulat yang lebih bulat dan tidak fokus, sedangkan lensa dengan bukaan segi enam akan lebih mencerminkan bentuk ini di lampu sorot. Fotografer juga berpendapat bahwa fitur utama bokeh adalah kualitas pantulan dan kejelasan dalam foto, atau keburaman keseluruhan dalam foto.

Ingatlah bahwa bokeh adalah keburaman yang tidak fokus pada foto – dan lensa kamera menentukan desain, bentuk, dan ukuran bokeh yang dapat dilihat.

Bagaimana cara mengucapkan bokeh?
Bokeh diucapkan sebagai boh-ke atau boh-kay. Masih ada perdebatan tentang mana yang terbaik.

Apa contoh bokeh?

Contoh bokeh yang bagus sering kali berupa potret subjek. Terutama potret close-up atau bahkan gambar makro yang natural. Anda juga akan melihat fotografer yang menggunakan banyak efek bokeh selama musim Natal karena lampu yang meriah dan dekorasi reflektif terlihat lembut, pastel, dapat ditembus dan indah.

Bagaimana Anda mencapai bokeh?

Untuk menghasilkan bokeh dalam foto, Anda memerlukan lensa cepat dengan aperture setidaknya f / 2.8 (meskipun aperture yang lebih lebar seperti f / 2, f / 1.8, atau f / 1.4 lebih baik). Saat mengambil gambar, biarkan lensa tetap terbuka. Sejumlah besar fotografer juga lebih suka memotret dalam mode manual, sehingga Anda dapat mengatur aperture dan kecepatan rana.

Jika Anda tidak memiliki lensa besar, coba tingkatkan jarak antara latar belakang dan subjek. Untuk melakukan ini, cukup kurangi jarak antara kamera dan subjek untuk menciptakan kedalaman bidang yang lebih dangkal. Singkatnya, semakin jauh latar belakangnya, semakin kabur latar belakangnya.

Terakhir, Anda menginginkan sorotan di latar belakang. Seperti yang disebutkan sebelumnya, kemeriahan cahaya dengan bola cahaya yang bersinar dapat menghasilkan efek bokeh yang luar biasa. Anda juga bisa menggunakan lampu latar, lampu samping, atau lampu rambut.

Lensa mana yang bisa menghasilkan bokeh yang bagus?

Kami sudah merekomendasikan penggunaan lensa bukaan cepat dan besar. Untuk saran teknis lebih lanjut, dapatkan lensa cepat dengan lubang pisau bundar. Contoh mewah termasuk Nikon 85mm f / 1.4D atau Canon 85mm f / 1.2II USM. Versi yang lebih murah termasuk Nikon 85mm f / 1.8D atau Canon 85mm f / 1.8 USM.

Konon – ada banyak jenis lensa di pasaran. Saran terbaik adalah melakukan riset dan menemukan lensa yang sesuai dengan kebutuhan bokeh Anda.

Bisakah HTC One (M8) menjadi bokeh?

Kabarnya HTC One (M8) memiliki dua sensor terpisah di bagian belakang, bukan satu sensor dan lensa. Sensor kedua diharapkan bekerja dengan data kedalaman – mengirimkan lebih banyak informasi ke prosesor kamera tentang foto yang diambil oleh sensor pertama. Sensor kedua harus dapat melakukan hal tersebut karena berbeda dengan sensor pertama dan dapat menentukan jarak antara ponsel dengan subjek / objek yang difoto. Teknologi ini sebenarnya sangat mirip dengan cara kamera 3D menentukan kedalaman.

Baca juga: