sebutkan ciri-ciri penerapan ideologi terbuka

  1. Home
  2. /
  3. Umum
  4. /
  5. sebutkan ciri-ciri penerapan ideologi terbuka

sebutkan ciri-ciri penerapan ideologi terbuka

Posted in : Umum on by : admin

Klasifikasi Pancasila Sebagai Ideologi Nasional

Pancasila sebagai ideologi nasional dapat diklasifikasikan melalui :

1. Dilihat dari kandungan muatan suatu ideologi, setiap ideologi mengandung di dalamnya sistem nilai yang diyakini sebagai sesuatu yang baik dan benar. Nilai-nilai itu akan merupakan cita-cita yang memberi arah terhadap perjuangan bangsa dan negara.
2. Sistem nilai kepercayaan itu tumbuh dan dibentuk oleh interaksinya dengan berbagai pandangan dan aliran yang berlingkup mondial dan menjadi kesepakatan bersama dari suatu bangsa.
3. Sistem nilai itu teruji melalui perkembangan sejarah secara terus-menerus dan menumbuhkan konsensus dasar yang tercermin dalam kesepakatan para pendiri negara (the fouding father).
4. Sistem nilai itu memiliki elemen psikologis yang tumbuh dan dibentuk melalui pengalaman bersama dalam suatu perjalanan sejarah bersama, sehingga memberi kekuatan motivasional untuk tunduk pada cita-cita bersama.
5. Sistem nilai itu telah memperoleh kekuatan konstitusional sebagai dasar negara dan sekaligus menjadi cita-cita luhur bangsa dan negara.[2]
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pancasila ideologi nasional dipahami dalam perspektif kebudayaan bangsa dan bukan dalam perpektif kekuasaan, sehingga bukan sebagai alat kekuasaan. Pancasila selaku Ideologi Nasional, Pancasila Memiliki Beberapa Dimensi :
a. Dimensi idealistis, yaitu nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pancasila yang bersifat sistematis dan rasional yaitu hakikat nilai-nilai yang terkandung dalam 5 sila pancasila: ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan, maka dimensi idealistis pancasila bersumber pada nilai nilai filosofis yaitu filsafat pancasila.
b. Dimensi normatif, yaitu nila- nilai yang terkandung dalam pancasila perlu dijabarkan dalam suatu sistem norma, sebagaimana terkandung dalam pembukaan UUD 1945 yang memiliki kedudukan tertinggi dalam tertib hukum indonesia.
c. Dimensi realistis, yaitu suatu harus mampu mencerminkan realita yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Oleh karena itu pancasila selain memiliki dimensi nilai nilai normatif, maka pancasila harus dijabarkan dalam kehidupan nyata sehari hari dalam kaitannya bermasyarakat maupun dalam aspek penyelenggaraan negara.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan

Ideologi adalah pengetahuan tentang gagasan – gagasan, pengetahuan tentang ide – ide, sceince of ideas atau ajaran tentang pengertian – pengertian dasar. Ideologi secara fungsional merupakan seperangkat gagasan tentang kebaikan bersama atau tentang masyarakat dan negara yang dianggap paling baik. Pancasila sebagai ideologi terbuka bermaksud bahwa keterbukaan ideologi pancasila bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar pancasila tetapi mengeksplisitkan wawasannya secara kongkrit , sehingga memiliki kemampuan yang lebih tajam untuk memecahkan masalah-masalah baru dan aktual.


Sumber: https://www.dosenpendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/