Monarki konstitusional berdaulat adalah

  1. Home
  2. /
  3. Umum
  4. /
  5. Monarki konstitusional berdaulat adalah

Monarki konstitusional berdaulat adalah

Posted in : Umum on by : admin

SEJARAH UMAT ISLAM DI UNI EMIRAT ARAB

GEOGRAFI, DEMOGRAFI DAN SOSIAL BUDAYA

UEA terletak di ujung Semenanjung Arab di Teluk Persia dengan luas 83.600 KM2, berbatasan dengan Oman di timur dan Arab Saudi di selatan, serta berbagi perbatasan maritim dengan Qatar di barat dan Iran di utara.Monarki konstitusional berdaulat adalah federasi dari tujuh emirat yang terdiri dari Abu Dhabi (yang berfungsi sebagai ibu kota), Ajnan , Dubai , Fujairah , Ras Al Khaimah , Sharjah dan Umm Al Quwain. Setiap emirat diatur oleh penguasa; bersama-sama, mereka bersama-sama membentuk Dewan Tertinggi Federal . Salah satu penguasa berfungsi sebagai Presiden Uni Emirat Arab.
Abu Dhabi adalah federasi yang terbesar dan sekaligus menjadi ibu kota negara UEA. Industri minyak dan gas terbesar di UEA ada di Abu Dhabi, diikuti oleh Dubai, Sharjah dan Ras al Khaimah. Sementara Dubai adalah pusat bisnis perniagaan, perbankan dan turisme UEA. Persatuan Emirat Arab ini membentuk aparat administrative dibidang financial, peradilan, kepolisian, dan jabatan dalam pemerintahan. Di sana terdapat sebuah majelis, kabinet dan pasukan pertahanan federal.
Sebelum tahun 1960-an, UEA hanya merupakan daerah gurun dengan penduduk yang nomaden. Mereka tinggal di rumah-rumah yang terbuat dari lumpur atau di tenda-tenda. Mata pencaharian masyarakat UEA pada saat itu adalah bertani, beternak, menangkap ikan dan mencari mutiara di Teluk dan Samudera Hindia. Ditemukannya minyak di bawah perairan Abu Dhabi pada tahun 1958, yang kemudian diikuti oleh penemuan minyak di daratan pada tahun 1960 dan dilakukannya produksi komersial pada tahun 1962, mengubah negara UEA menjadi negara modern dan kaya.
Setelah terbentuknya Uni Emirat Arab kehidupan sosial budaya masyarakat di UEA pun mengalami perkembangan. Perkembangan yang terjadi pada masyarakat Uni Emirat rab dapat dilihat dari beberapa aspek seperti pendidikan dan gaya hidup atau budaya mereka. Pendidikan di Uni Emirat Arab mulai mengalami perkembangan semenjak ditemukannya minyak di negara tersebut.Penemuan minyak tersebut menjadi sumber pendapat yang menjanjikan bagi negara sehingga dapat membantu pembangunan fasilitas-fasilitas yang mendukung perkembangan masyarakat seperti halnya fasilitas pendidikan.
Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah UEA yaitu dengan mendirikan Dewan Pendidikan Abu Dhabi (ADEC), sebuah badan usaha independen Abu Dhabi, pada tahun 2005 untuk mengembangkan pendidikan di seluruh UEA. ADEC akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan (MOE) dalam merumuskan rencana pendidikan emirat dalam kerangka kebijakan pendidikan umum UEA. ADEC mengambil pendekatan wirausaha untuk melibatkan sektor swasta, memperbaiki dan memodernisasi fasilitas, mengurangi birokrasi, memperbarui kurikulum dan memanfaatkan teknologi informasi.
Uni Emirat Arab dipimpin oleh Presiden, sesuai dengan konstitusi Dewan Penguasa Tetinggi UAE memilih khalifah sebagai presiden yang dipegang oleh Abu Dhabi. Setiap emirat dipimpin oleh emir. Abu Dhabam Uni Emirat Arab.
Teratat sekitar 9,3 juta penduduk UEA, hanya 15% yang merupakan penduduk lokal, sisanya warga imigran dari India, Bangladesh, Paksitan, Srilangka, Filipina, Thailand dan lainnya. UAE sangat longgar dan terbuka dengan keragaman budaya dan agama. Dari jumlah penduduk tersebut sebanyak 76% muslim, 9 % Kristen, 15% agama lain. Di antara warga muslim emirat, 85% adalah sunni, 15% syiah sebagian besar terkonsentrasidi emirat Sharjah dan Dubai. Imigran Oman kebanyakan adalah Ibadi, sementara pengaruh sufi juga ada. Bahasa Arab adalah bahasa nasionl UNI Emirat Arab. Dialek teluk Arab dituturkan secara asli oleh orang-orang Emirat.

Recent Posts