Cupang Hias dan Cupang Adu

  1. Home
  2. /
  3. Budidaya
  4. /
  5. Cupang Hias dan Cupang Adu

Cupang Hias dan Cupang Adu

Posted in : Budidaya on by : admin

Untuk kumbang mania, harus dimungkinkan untuk membedakan kumbang dekoratif dan kumbang perkelahian. Tapi itu tidak berakhir dengan hobi dan pemula. Agar tidak salah, perlu memiliki pengetahuan dasar untuk membedakan kedua jenis ikan tersebut.

Kumbang hias dan kumbang perkelahian tidak dapat dibedakan dari spesiesnya. Saat ini, kumbang yang tersebar luas di pasaran umumnya merupakan hasil persilangan dari kelompok Splendens Complex. Kelompok ini mencakup 5 spesies, antara lain Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis.

Crossing the Splendens Complex menghasilkan berbagai tipe. Di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, ikan ini dikelompokkan menjadi kumbang hias dan kumbang aduan. Bagaimana Anda membedakannya? Jenis ciri umum yang bisa dibuat pegangannya.

Cupang Hias

Sesuai dengan namanya, Berang-berang itu cantik. Beragam jenis bentuk, warna, gerak dan mental. Secara umum ciri-ciri kumbang hias adalah sebagai berikut:

  • Bentuk sirip dan ekornya miring panjang. Struktur tulang sirip dan ekornya menunjukkan bentuk yang khas.
  • Warna tubuh cerah tidak redup. Ini memiliki varian warna yang bagus dan bagus.
  • Gerakannya tenang, ketukan siripnya menunjukkan keanggunan.
  • Saat melihat musuh atau bermain, sirip dan ekor berkembang sempurna yang mencerminkan bentuknya yang khas.

Perbedaan antara kumbang hias dan kumbang perkelahian

Cupang hias (foto: ccepris)

Masalah kumbang hias adalah spesies Betta splendens. Jenis kumbang hias yang sering diperjuangkan antara lain serit (mahkota ekor), bulan panjang (setengah bulan), laga (plakat), tiang (ekor ganda) dan jenis raksasa yang terakhir. Untuk informasi lebih lanjut, lihat jenis kumbang.

Karakteristik kumbang

Cara untuk membuktikan keandalan kumbang adalah dengan melihatnya berkelahi. Karena ada beberapa kumbang yang dijadikan sebagai kumbang hias, sebenarnya kompilasi yang kuat diperebutkan. Namun ciri umumnya dapat dilihat sebagai berikut:

  • Bentuk tubuh kumbang terlihat kokoh. Lebar dan tinggi ikan dari leher hingga ekor memiliki ukuran dan ketebalan yang sama. Hanya ujung ekor yang terlihat lebih kecil.
  • Gerakan agresif. Tidak selambat dan anggun seperti kumbang dekoratif.
  • Saat dia melihat musuh, siripnya semakin besar. Ini menunjukkan mentalitas yang baik untuk bertarung.
  • Bibirnya terlihat tebal dan kuat. Mulutnya tertutup rapat tanpa jeda. Jika dilihat dari atas, pada bibir bawah terdapat bintik-bintik yang khas untuk gigi berair.

Perbedaan antara kumbang hias dan kumbang perkelahian
Memerangi kumbang spesies Betta mahachai (foto: zootaxa)

Kumbang biasa berasal dari spesies Betta splendens, Betta imbellis, Betta mahachai dan variasi silang. Kontes Curug banyak diadakan di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sedangkan di beberapa negara lain, seperti Amerika Serikat, pengaduan tentang kumbang bersifat ganas dan ilegal.