Tiga Makanan Indonesia Ini Hampir Sama

  1. Home
  2. /
  3. Umum
  4. /
  5. Tiga Makanan Indonesia Ini Hampir Sama
Tiga Makanan Indonesia Ini Hampir Sama

Tiga Makanan Indonesia Ini Hampir Sama

Posted in : Umum on by : admin

Tiga Makanan Indonesia Ini Hampir SamaTiga Makanan Indonesia Ini Hampir Sama

Indonesia juga terkenal dengan makanan khasnya begitu juga dengan makanan kecil atau cemilan jajanan pasar yang sering dijual di pinggir – pinggir jalan. Namun ke tiga makanan ini hampir sama pembuatanya, bahkan bahan dasar sama yaitu tepung pati atau kanji atau umumnya disebut tapioka yaitu cilok, cireng dan cimol. Dan makanan ini adalah cemilan khas dari Bandung Jawa Barat, orang – orang Sunda menyebut tepung kanji adalah aci.

Dan berikut adalah perbedaan dari ketiga makanan tersebut :

Cilok singkatan dari aci dicolok, pembuatan cilok adalah tepung kanji dicampur dengan sedikit air hangat dibentuk bulat – bulat kemudian direbus dan untuk menyempurnakan agar matang sempurna sehingga dilanjutkan dengan di kukus. Setelah itu disajikan dengan cara di tusuk atau dalam bahasa Sunda adalah dicolok, disajikan dengan bumbu kacang atau saus kecap sesuai dengan selera. walaupun sekarang banyak variasi dengan menambahkan isian didalamnya seperti isi daging atau telur dan bumbu pendampingnya ada yang menggunakan dengan cabai pedas atau biasa disebut dengan cilok geprek. Tidak hanya itu saja, bahkan sekarang ada yang menyajikan dengan cara diletakkan di cup minum plastik dengan kuah.

Gambar : Instagram / tiaapusvita

Cireng adalah aci yang digoreng, dalam pembuatanya bentuk dari aci ini pipih atau tidak beraturan dan saat digoreng dalam dari makanan ini sedikit kenyal sedangkan diluar terasa krispi atau garing dan disajikan dengan bumbu rujak atau bahkan ada yang menggunakan saus pedas atau saus tomat.

Gambar : Instagram/ inspirasiresepmemasak

Cimol singkatan dari aci digemol, dalam bahasa sunda dibentuk bulat adalah digemol. Sedangkan dalam penyajiannya di goreng sehingga sedikit kopong dalamnya namun masih kenyal dan di tambahkan dengan bubuk pedas atau bumbu bubuk asin gurih.

Gambar : Instagram/ chef.gunawan

Dan itulah perbedaan dari ketiga makanan yang bahan dasarnya sama yaitu pati kanji semoga bermanfaat dan tidak salah dalam penyebutannya, dan yang mana yang kalian suka, kalau admin suka semuanya.

Recent Posts