Manfaat Buah Pisang

  1. Home
  2. /
  3. Umum
  4. /
  5. Manfaat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang

Posted in : Umum on by : admin

Manfaat Buah PisangManfaat Buah Pisang

Manfaat pisang yang saya tahu hanya dapat menambah daya ingat, namun ternyata manfaat pisang tidak hanya itu.. Pisang adalah buah yang banyak dijumpai di pedesaan maupun perkotaan dan sekaligus makanan favorit monyet. Ternyata, pisang mengandung vitamin A, B1, C, serta protein khususnya untuk kaum pria. Biasanya, pisang banyak dijumpai di negara yang memiliki iklim tropis dengan kondisi tanah yang lembap. Demikian yang dilansir Medicmagic, Kamis (24/11/2011).

Kandungan manfaat seperti di atas juga bisa didapatkan pada sayuran hijau, kacang polong, serta susu dan ikan salmon. Namun paling mudah bisa dengan mengonsumsi pisang, selain harganya lebih murah.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengonsumsi buah pisang tiga kali dalam sehari. Selain untuk membantu kesuburan kaum pria, ternyata buah pisang juga ampuh untuk kesehatan tulang karena kaya vitamin D.

Kadar gizi yang terkandung dalam buah pisang secara lengkap yaitu : 99 kalori, protein 1.2 gram, lemak 0.2 gram, karbohidrat 25.8 miligram (mg), serat 0.7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0.5 mg, vitamin A 44 RE, Vitamin B 0.08 mg, Vitamin C 3 mg dan air 72 gram.

Karena kandungan gizi yang terdapat dalam buah pisang cukup banyak, inilah manfaat buah pisang :

Melancarkan peredaran darah
Pisang punya banyak kandungan kalium dan potasium. Zat ini fungsinya adalah membantu sistem sirkulasi tubuh, hingga peredaran oksigen ke otak menjadi lancar. Kalium juga membantu denyut jantung menjadi teratur.Selain itu, pisang juga mengurangi resiko terjadinya stroke dan mengatur tekanan darah agar normal.

Menyehatkan usus
Manfaat pisang yang lain adalah menyehatkan usus dengan menghilangkan sembelit. Pisang punya kandungan serat yang mampu mempertahankan dan memulihkan kesehatan usus. Jadi, dari pada menggunakan obat pencahar, lebih baik mengkonsumsi pisang.

Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut
Pisang yang dicampur susu cair (atau dimasukkan dalam segelas susu cair)dapat dihidangkan sebagai obat dalam kasus penyakit usus. Sebuah pisang dihidangkan sebagai pertahanan terhadap inflamasi karena Vitamin C dapat secara cepat diproses.

Manfaat bagi Penderita Lever
Penderita penyakit lever bagus mengonsumsi pisang dua buah ditambah satu sendok madu, akan menambah nafsu makan dan membuat kuat.

Meningkatkan kesehatan otak
Pada sebuah penelitian dengan responden 200 orang siswa, pengaruh konsumsi pisang terhadap tingkat konsentrasi dikorelasikan. Hasilnya, pelajar yang memakan pisang 3 kali sehari sebagai pencuci mulut terlihat mengalami peningkatan konsentrasi dan daya tangkap.

Manfaat Pisang sebagai Sumber Tenaga
Buah pisang dengan mudah dapat dicerna, gula yang terdapat di buah tersebut diubah menjadi sumber tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah.

Mengurangi derita sakit bulanan pada wanita
Bagi Anda yang kerap mengalami sakit perut saat sedang menstruasi, maka mengkonsumsi pisang bisa meringankan derita Anda. Kandungan vitamin B6 dalam pisang cukup tinggi hingga membantu mengurangi kadar gula dalam darah yang merusak mood dan membuat sakit bulanan berkurang.

Manfaat bagi Penderita Anemia
Dua buah pisang yang dimakan oleh pasien anemia setiap hari sudah cukup, karena mengandung Fe (zat besi) tinggi.

Mengobati bekas gigitan nyamuk
Jika di kulit Anda terdapat bentol bekas gigitan nyamuk, maka Anda bisa oleskan sedikit kulit pisang bagian dalam ke bentol kulit tersebut. Ia akan mengurangi gatal dan merahnya.

Sumber: https://ijateng.id/kapan-indonesia-siap-5g/