Syarat Tumbuh Pohon Pepaya

  1. Home
  2. /
  3. Umum
  4. /
  5. Syarat Tumbuh Pohon Pepaya
Syarat Tumbuh Pohon Pepaya

Syarat Tumbuh Pohon Pepaya

Posted in : Umum on by : admin

Syarat Tumbuh Pohon PepayaSyarat Tumbuh Pohon Pepaya

Memang sebelum kita mulai menanam pepaya, terlebih dahulu kita harus mengetahui dimanakah yang paling cocok untuk menanam pepaya itu. Untuk keperluan tersebut maka mau tak mau kitapun harus mengetahui akan ekologi dari pohon pe­paya itu sendiri.

1. Ketinggian Tempat

Pohon pepaya dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga pada daerah yang mempunyai ketinggian 1000 M dari atas permukaan laut. Suatu hal yang perlu diperhatikan bagi para petanam / petani atau calon penanam pepaya, bahwa pohon pepaya yang ditanam di daerah yang makin tinggi maka buahnya akan berkurang juga manisnya. Sebab hal ini sangat ditentukan oleh intensitas sinar matahari dan kelembaban udara.

2. Tanah
Pohon pepaya akan dapat tumbuh dengan baik kalau ditanam di tanah-tanah yang agak berat atau yang sering disebut tanah Latosol, tanah laterit merah.

Kemudian yang perlu diperhatikan, karena yang penting buat tanaman pepaya ini adalah sistem pembuangan airnya. Sebab akar pohon pepaya ini tidak tahan terhadap air yang menggenang. Bila tanaman pepaya ini tergenang air selama 2 hari dua malam saja, maka akan berakibat fatal. Karena akarnya akan membusuk dan mengakibatkan kematian.

Kemudian tanah untuk pohon pepaya harus mengandung banyak bahan organis / humus yang dapat mengatur kelembaban tanah.

Tapi kekeringan dalam musim kemarau juga akan dapat mengakibatkan mengurangi baiknya pertumbuhan maupun hasilnya. Oleh karena itu keadaan air dalam tanah menentukan pula pertumbuhan pepaya.
Menurut TERRA, bahwa curah hujan dan ketinggian air dalam tanah yang baik untuk tanaman pepaya adalah sebagai berikut:

1. CURAH HUJAN : 12 bulan basah dengan air dalam tanah : 50 Cm hingga dalam.
2. CURAH HUJAN : 7 -10 bulan basah dengan air dalam tanah : 50-200 Cm.
3. CURAH HUJAN : 5 – 6 bulan basah dengan air dalam tanah : 50-150 Cm.
4. CURAH HUJAN : 2 – 4 bulan basah dengan air dalam tanah : kurang dari 50 – 150 Cm.

Keadaan tanah pohon pepaya

3. Iklim
Kemudian kalau kita telah mulai membicarakan tentang iklim maka faktor iklim itu sendiri terdiri dari:
Curah hujan
Sinar Matahari
Suhu Udara
Angin
Kemudian kalau kita ingat bahwa pepaya dapat tumbuh di dataran rendah, juga dapat pula tumbuh di dataran tinggi, tidaklah banyak pengaruhnya terhadap pertumbuhan pepaya pada umumnya.

Akan tetapi ada satu hal yang terpenting ialah bahwa bertambah tinggi tempatnya berarti bertambah tinggi pula suhu udara, dan karena kurangnya sinar matahari maka akan membuat rasa / kelezatan pepaya akan berkurang. Kalau ki­ta tanam di dataran rendah yang banyak sinar matahari ma­ka buah pepaya itu nanti akan menghasilkan hasil buah yang manis rasanya. Sedangkan kalau kita tanam di dataran tinggi yang kurang banyak mendapat sinar matahari maka akan membuat buah tersebut kurang manis.

4. Pengairan
Kalau di daerah dengan curah hujan 7 bulan basah atau kurang, bila air di dalam tanah dalam musim kemarau merosot dibawah ukuran tersebut di atas, maka memerlukan adanya pengairan yang cukup baik.
Kemudian untuk luas tanaman yang sederhana, terdiri dari hanya beberapa puluh pohon saja, bila tidak ada pengairan maka dapat ditolong dengan cara penyiraman secara indivi­dual.

Pembuangan air:
Seperti telah diterangkan diatas kalau akar pepaya ini ti­dak kuat terhadap air yang menggenang. Maka oleh karena itu got pembuangan air dalam kebun pepaya sangat perlu diadakan. Sebab fungsinya adalah :
Penyalur air dalam musim kemarau.
Pembuangan air dalam musim penghujan.
Aluran tersebut dapat pula mengurangi kebasahan dalam tanah bagian atas pada musim penghujan.

5. Penurunan Air Dalam Tanah
Kalau ditempat-tempat yang tanahnya berat dan air tanah sangat dangkal, dapat pula diusahakan penanaman pohon pepaya dengan menurunkan ketinggian air tanah.

Untuk keperluan seperti itu maka perlulah kita gali aluran selebar 1 meter dan dalamnya pun 1 meter pula dengan jarak alur 2 sampai 3 meter.

 

Recent Posts