Kebun Vanilla di Purwokerto

  1. Home
  2. /
  3. Umum
  4. /
  5. Kebun Vanilla di Purwokerto
Kebun Vanilla di Purwokerto

Kebun Vanilla di Purwokerto

Posted in : Umum on by : admin

Kebun Vanilla di PurwokertoKebun Vanilla di Purwokerto

Tanaman vanili atau dikenal dengan nama vanilla planifolia adalah spesies anggrek vanili. Tanaman ini aslinya berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Selanjutnya akan kita sebut dengan nama vanilla plani. Vanilla plani merupakan salah satu sumber perasa vanila. Rasa vanila biasa kita rasakan pada minuman, kue, es krim, kopi, dan berbagai makanan lain.

Vanilla kering siap jual

Vanilla plani cocok dibudidayakan di wilayah beriklim tropis. Maka dari itu tanaman ini cocok untuk dikembangkan di Indonesia yang notabene beriklim tropis, basah dan berkelembapan udara tinggi.
Produsen vanilla dunia
Berdasarkan data dari FAO Stat, pada tahun 2017 Indonesia menempati posisi kedua sebagai produsen vanilla dunia. Produksi negara kita masih kalah dari Madagascar. Padahal secara luas wilayah seharusnya Indonesia bisa menjadi produsen utama.

Urutan produsen vanilla di dunia adalah sebagai berikut.

Madagascar : 3,227 ton
Indonesia : 2,402 ton
China : 662 ton
Mexico : 515 ton
Papua Nugini: 499 ton

Saat ini, tanaman vanilla mayoritas dibudidayakan di wilayah beriklim tropis. Indonesia yang tanahnya subur dan memiliki kelembaban tinggi adalah tempat yang sangat bagus untuk budidaya tanaman ini. Secara lebih jelas, peta persebaran budidaya vanilla di dunia bisa dilihat pada peta berikut.

Peta persebaran budidaya vanilla di dunia
Belajar menanam vanilla
Melihat peluang yang ada dan permintaan yang terus meningkat, maka Kebun Pak Tarso pada tahun 2018 mulai belajar membudidayakan tanaman vanilla. Ada yang bilang, budidaya vanilla terkenal sulit dan ribet. Proses penyerbukannya harus dilakukan secara manual dengan bantuan tangan manusia. Tapi tidak ada yang namanya kesulitan kalau mau berusaha.
Tanaman Vanilla adalah tanaman sulur. Tanaman ini membutuhkan batang atau media sebagai rambatan. Selain itu, vanilla juga harus diberikan naungan. Tidak boleh terpapar sinar matahari langsung. Sinar matahari yang diterima cukup sebanyak 30-40% saja.

Apa kamu juga ingin belajar menanam vanilla?

 

Sumber: https://konveksipekanbaru.co.id/vakum-di-smartphone-ini-penjelasan-acer/