Skala Ratio

  1. Home
  2. /
  3. Fashion
  4. /
  5. Skala Ratio

Skala Ratio

Posted in : Fashion on by : admin

Skala Ratio

Skala pengukuran ratio merupakan pengukuran yang tertinggi dibandingkan dengan skala sebelumnya. Pengukuran dengan skala ratio ini, seharusnya merupakan pengukuran yang harus dilakukan dan didambakan oleh setiap peneliti, mengingat bahwa dalam skala ratio ini selain memiliki sifat-sifat nominal, ordinal dan interval juga mempunyai titik 0 absolut dengan kemaknaan empiris. Nomor pada skala ratio menunjukkan besaran sifat yang diukur sebenarnya.

Contoh:

Pendapatan Wagiyo Rp 1.000.000 / bulan sedang pendapatan Tukiman Rp 5.000.000 / bulan, maka pendapatan Wagiyo dengan pendapatan Tukiman sama dengan 1 dibanding 5.

  1. c)Skala Pengukuran

Dalam penelitian kuantitatif, dikatakan bahwa alat ukur adalah indikator yang diberi skala. Skala berhubungan dengan kategori yang mengindikasikan nilai dari satu variabel. Jika indikator telah diberi skala, peneliti menyusun pedoman atau instruksi pengukuran yang disebut daftar pertanyaan. Ini penting dalam tahap proses atau pelaksanaan pengukuran yang di dalamnya alat ukur tersebut dihadapkan pada subyek penelitian. Menyusun instruksi pengukuran atau pertanyaan pengukuran sangat erat kaitannya dengan teknik penyusunan skala.

Diantara beberapa teknik penskalaan atau pengkonstruksian skala yang secara umum digunakan dalam penelitian sosial ialah skala Likert, skala Thrustone, skala Guttman dan perbedaan semantis.

Sumber :

https://zalala.co.id/pusat-riset-apple-diharapkan-dorong-konten-lokal/