Masalah utama dalam perekonomian

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Masalah utama dalam perekonomian
Masalah utama dalam perekonomian

Masalah utama dalam perekonomian

Posted in : Kesehatan on by : admin

Masalah utama dalam perekonomianMasalah utama dalam perekonomian

Permasalahan utama dalam perekonomian yang selalu dihadapi oleh setiap negara. Permasalahan ini harus mampu dipecahkan secara baik oleh setiap pemerintah agar kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat dapat tercapai, permasalahan tersebut adalah[6] sebagai berikut:

  1. Masalah pertumbuhan ekonomi

Pertumbuhan ekonomi dapat didefinisikan sebagai perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksikan dalam masyarakat bertambah. Masalah pertumbuhan ekonomi dapat dipandang sebagai masalah makroekonomi dalam jangka panjang. Dari satu periode ke periode lainyakemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa akan meningkat. Kemampuan yang meningkat disebabkan karena faktor-faktor produksi akan selalu mengalami pertambahan dalam jumlah dan kualitasnya. Investasi akan menambah jumlah barang modal, teknologi yang digunakan berkembang. Disamping itu tenaga kerja bertambah sebagai akibat perkembangan penduduk dan pengalaman kerja dan pendidikan menambah ketrampilan mereka.

                                        Perkembangan kemampuan produksi barang dan jasa sebagai akibat pertambahan faktor-fatktor produksi pada umumnya tidak selalu diikuti oleh pertambahan produksi barang dan jasa yang sama besarnya. Pertambahan potensi memproduksi kerapkali lebih besar dari pertambahan produksi yang sebenarnya. Dengan demikian pertambahan ekonomi adalah lebih lambat dari potensi. Tingkat kegiatan ekonomi dibawah ini menyebabkan sebagian faktor-faktor produksi menganggur termasuk tenaga kerja dan ini terutama di sebabkan oleh kekurangan pengeluaran agregat.

                                        Kesenjangan dapat terjadi antara pertmbuhan ekonomi potensial dan pertumbuhan ekonomi sebenarnya. Pendapatan nasional potensional yaitu tingkat pendapatan nasional yang dicapai apabila tenaga kerja sepenuhnya digunakan. Garis pendapatan nasional potensial yang semakin naik tersebut menggambarkan bahwa faktor-faktor produksi yang semakin banyak jumlahnya dari tahun ke tahun dan kemajuan teknologi yang menaikan produtivitas menyebabkan semakin lama semakin banyak produksi nasional yang dapat di wujudkan. Akan tetapi perekonomian tidak selalu menggunakan semua faktor-faktor produksi yang tersedia, termasuk tenaga kerja yang tersedia. Kekurangan pengeluaran agregad yang menyebabkan sebagian tenaga kerja menganggur dan perekonomian tidak akan mewujudkan pendapatan nasional potensial.

Perbedaan antara pendapatan potensial dengan pendapatan nasional sebenarnya dinamakan jrang produk nasional bruto (jurang PNB). Apabila PNB semakin besar pada tingkat pengangguran dalam perekonomian. Disamping keburukan ini, jurang PNB menyebabkan masyarakat tidak menikmati kemakmuran potensial yang dapat dicapai.

  1. Masalah ketidakstabilan ekonomi

Perekonomian tidak selalu berkembang secara teratur dari satu periode ke pereode yang lainya. Akan tetapi selalu mengalami masa naik dan turun, adakalanya kegiatan perekonomian berkembang dengan pesat sehingga menimbulkan kenaikan harga-harga. Para periode lainya perekonomian mengalami perlambatan dalam perkembanganya dan adakalanya merosot dan berada di tingkat yang lebih rendah dari periode sebelumnya. Pergerakan naik turun kegiatan perusahaan-perusahaan di dalam jangka panjang dinamakan konjungtur atauu siklus kegiatan perusahaan (business cycle). Suatu siklus dalam satu pereode yang lain. Namun demekian sifat dasar dari setiap siklus adalah sama. Bentuk khas dari suatu siklus tidak banyak berbeda.

Para ekonom berkeyakinan bahwa dalam suatu perekonomian yang sepenuhnya diatur dalam mekanisme pasar. Siklus kegiatan ekonomi sangat labil. Perkembangan yang sangat pesat dapat diikuti kemunduran kegiatan perekonomian yang serius. Siklus kegiatan ekonomi seperti itu dapat menimblkan akibat buruk kepada perekonomian dan masyarakat. Pengangguran dan inflasi menimbulkan beberapa akibat buruk di atas kehidupan dan kesejahteraanmasyarakat. Dalam jangka panjang ketidakstabilan dan ini akan menimbulkan pengaruh buruk terhadap perkembangan ekonomi.

Sumber :

https://astalift.co.id/alasan-android-one-kini-motori-perangkat-menengah/