Masalah pengangguran

  1. Home
  2. /
  3. Fashion
  4. /
  5. Masalah pengangguran

Masalah pengangguran

Posted in : Fashion on by : admin

Masalah pengangguran

Pengangguran adalah suatu kedaan dimana orang yng tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum memperolehnya. Sebagai contoh, seorang ibu rumah tangga yang tidak ingin bekerja karen ingin mengurus keluarganya tidak tergolong sebagai pengangguran. Seorang anak keluarga kaya yang tidak mau bekerja karena gajinya lebih rendah dari uang suku yang yang bisa di dapattidak tergolong sebagai pengangguran. Ibu rumah tangga dan anak keluarga kaya tersebut dinamakan sebagai penganggran sukarela.

Faktor utama yang menimbulkan pengangguran dalah kekurangan pengeluaran agregat. Para pengusaha memproduksi barang dan jasa dengan maksut untuk mencari keuangan. Keuangan tersebut hanya akan dapat diperoleh apabila para pengusaha dapat menjual barang yang di produksi, kenaikan produksi akan menambah penggunaan tenaga kerja. Dengan demikian terdapat hubungan erat antara pendapatan nasional yang dicapai dengan penggunaan tenaga kerja yang dilakukan. Semakin tinggi pendapatan nasional, semakin banyak penggunaan tenaga kerja dalam perekonomian.

Salah satu faktor penting yang menentukan kemakmuran suatu masyarakat adalah tingkat pendapatan, pendaatan masyarakat mencapai maksimum apabila tingkat penggunaan tenaga kerja penuh dapat diwujudkan. Pengangguran mengurangi pendapatan masyarakat, ini berarti individu pengangguran menimbulkan berbagai masalah ekonomi dan sosial kepada yang mengalami. Ketidaan pendapatan menyebabkan para pengangguran harus mengurangi pengeluaran konsumsinya. Disamping itu, ia dapat memberikan efek psikologis yang kuarng baik kepadapenganggur dan keluarganya.

Apabila tingkat pengangguran disuatu negara sangat tinggi maka akan dapat mengakibatkan kekacauan politik dan sosial. Salah satu contoh adalah penjarahan besar-besaran yang terjadi di indonesia pada tahun 1998 merupakan akibat dari tingginya tingkat pengangguran akibat banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) pada waktu tersebut.

  1. Masalah Kenaikan Harga-harga (Inflasi)

Inflasi dapat didefinisikan sebagai suatu proses kenaikan harga-harga yang berlaku secara umum dan dalam waktu tertentu pada suatu perekonomian. Tingkat inflasi berbeda dari suatu periode ke periode lainnya dan berbeda pula dari satu negara ke negara lainnya. Tingkat inflasi adakalanya rendah yaitu hanya 2-3 persen, ada pula yang moderat 4-10 persen, atau bahkan ada yang sangat tinggi mencapai beberapa puluh atau beberapa ratus persen atau beberapa ribu persen dalam setahun (hyper inflation).

Masalah inflasi diakibatkan oleh banyak factor. Di Negara-negara industry pada umumnya inflasi bersumber dari salah satu atau gabungan dari dua masalah berikut: (1) Tingkat pengeluaran agregat yang melebihi kemampuan perusahaan-perusahaan untuk menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa. Keinginan untuk mendapatkan barang akan mendorong konsumen meminta barang tersebut pada tingkat harga yang lebih tinggi (2) Pekerja-pekerja diberbagai Kegiatan ekonomi menuntut kenaikan upah. Apabila persediaan pekerja sangat sedikit, maka perusahaan akan bersedia menaikkan upah dengan konsekuensi terjadi peningkatan harga jual barang.

Dalam Negara yang telah maju, masalah inflasi erat kaitannya dengan tingkat penggunaan tenaga kerja. Selain itu inflasi dapat pula berlaku sebagai akibat dari (1) kenaikan harga-harga barang yang diimpor (2) penambahan penawaran uang yang berlebihan tanpa diikuti oleh penambahan produksi dan penawaran barang (3) kekacauan politik dan ekonomi sebagai akibat pemerintah yang kurang bertanggung jawab.

Inflasi dapat berakibat buruk kepada individu, masyarakat dan aktivitas perekonomian secara umum. Salah satu dampak negative dari inflasi ialah akan menurunkan taraf kemakmuran sekelompok masyarakat terutama masyarakat berpenghasilan tetap. Prospek pembangunan ekonomi jangka panjang akan menjadi semakin memburuk jika inflasi tidak dapat dikendalikan.

Sumber :

https://pulauseribumurah.com/game-anak-sholeh-sajikan-petualangan-hingga-kisah-untuk-anak/