Alat-alat Komputasi Pribadi

  1. Home
  2. /
  3. Fashion
  4. /
  5. Kesehatan
  6. /
  7.  Alat-alat Komputasi Pribadi

 Alat-alat Komputasi Pribadi

Posted in : Fashion, Kesehatan on by : admin

 Alat-alat Komputasi Pribadi

Komputasi pribadi telah lama dihubung-hubungkan dengan komputer mikro. Bahkan komputer mikro pada awalnya disebut komputer pribadi (personal computer). Komputer mikro saat muncul pertama kali bukan tergabung dalam suatu jaringan, melainkan setiap pengguna kompueter mikro menggunakan sumber daya ini hanya untuk keperluan komputasi pribadinya saja.

Beberapa fitur yang membuat menarik khususnya bagi komputasi pribadi adalah usia baterai yang panjang sebelum diisi ulang, akses jaringan nirkabel, kemampuan untuk melakukan sinkronisasi file data dengan sumber daya komputer yang lain, dan tampilan layar yang kecil namun fungsional.

2.2.1 Telepon Seluler dengan Pesan dan Video Interaktif

Perusahaan-perusahaan pembuat telepon seluler populer (Samsung, Nokia, Blackberry, dan lain- lain) telah membuat telepon yang menampilkan pesan tulisan dan gambar-gambar berukuran kecil di layar tampilannya. Beberapa telepon seluler dapat menyimpan video-video pendek. Keypad menjadi alat input, meskipun beberapa orang merasa menekan tombol-tombol di keypad telepon adalah hal yang membosankan. Namun, telepon seluler memiliki kapasitas komputasi yang mendasar saja, dan keypad serta layar tampilannya bertindak sebagai alat input dan output.

Telepon seluler memiliki fitur-fitur lain yang membantu fungsi-fungsi bisnis. Misalnya daftar kontak yang disimpan dalam telepon seluler tidak hanya mencantumkan nomor telepon saja, namun juga nama, alamat, e-mail, catatan, dan masih banyak lagi.

2.2.2 Telepon Seluler Cerdas

Telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas (smart phone) ketika ia menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Sebut saja smart phone bisa mengakses Web dan dapat mensinkronisasikan seluruh informasinya (agenda, nomor telepon, dan banyak lagi) dengan komputer mikro.

Akan tetapi, setiap penambahan kemampuan dalam smart phone tidaklah gratis. Harga memang telah mencakup suara maupun data sehingga smart phone dapat digunakan sebagai koneksi telepon sekaligus Web.

2.2.3 Jaringan Rumah

Jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi Internet “broadband”. Perusahaan telepon menjual modem DSL (digital subscriber line). Bai modem kabel maupun DSL dapat membawa akses Internet berkecepatan tinggi ke rumah-rumah.

Banyak rumah tangga yang memiliki lebih dari satu komputer mikro memiliki gerbang berkecepatan tinggi ke Internet melalui modem kabel atau DSL. Masalahnya adalah bagaimana membagi satu koneksi di antara beberapa komputer. Solusi yang paling umum adalah menggunakan sebuah router nirkabel. Modem akan tersambung ke router, dan router tersambung ke komputer melalui sebuah jaringan nirkabel. Tetapi kebanyakan laptop baru telah memiliki akses jaringan nirkabel terpasang, sehingga menghilangkan kebutuhan untuk membeli sebuah kartu akses nirkabel lagi. Banyak juga toko elektronik yang menjual peralatan yang telah termasuk router  nirkabel sekaligus kartu jaringan nirkabel untuk komputer mikro.

Terkait dengan keamanan nirkabel, ketika memasang router, pengguna mungkin ingin membuat satu kata sandi untuk membatasi akses ke jaringan nirkabelnya, maka yang paling umum digunakan adalah wired equivalent privacy (WEP). WEP adalah stAndar yang umum, jadi ada kemungkinan hanya seorang yang memiliki alat yang tepat di tempat yang tepat dan waktu yang tepat akan dapat menangkap dan memecahkan kode sandi Anda, namun kemungkinannya kecil.

Recent Posts