Pengertian Zygomycota

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Pengertian Zygomycota

Pengertian Zygomycota

Posted in : Kesehatan on by : admin

Pengertian Zygomycota

Zygomycota adalah tumbuhan jamur yang terdiri dari benang-benang hifa yang bersekat, tetapi ada pula yang tidak bersekat. Zygomycota merupakan phylum dari fungi. Nama tersebut berasal dari jenis perbanyakan diri seksual, terutama pada pembentukan zigospora. Zigospora terjadi karena peleburan 2 gametangium yang menghubungkan kedua hifa induk seperti jembatan penghubung. Spesies dalam klasifikasi Zygomycota hanya mencapai kira-kira 1% dari Fungi sejati. Ada sekitar 900 spesies. Namun, manusia jarang menemukan kebanyakan spesies tersebut. Yang sering kita temui adalah jamur yang menyebabkan efek terhadap stroberi dan buah lainnya. Phylum ini mencakup minimal 7 ordo. Zygomycota sering dikenal sebagai jamur ragi, tetapi ada beberapa spesies yang termasuk klasifikasi ini yang membentuk simbiosis dengan tanaman atau menginfeksi hewan inangnya.

2.2  Ciri-ciri Zygomycota

  1. Bisa hidup sebagai saprofit
  2. Hidup di tempat-tempat lembab
  3. Membentuk spora istirahat berdinding tebal yang disebut zigospora
  4. Mempunyai hifa bercabang-cabang dan tidak bersekat (soenositik), dengan dinding sel tersusun atas zat kitin. Ada 3 tipe hifa, sebagai berikut :
  5. Stolon yaitu hifa yang membentuk jaringan pada permukaan substrat dan menghubungkan dua kumpulan sporangium
  6. Rizoid yaitu hifa yang menembus substrat untuk menyerap makanan
  7. Sporangiofor yaitu hifa yang tumbuh tegak pada permukaan substrat dan memiliki sporangia globuler (berbentuk bulat) di ujung-ujungnya
  8. Umumnya mempunyai rizoid yang berguna untuk melekat pada substrat
    SUmber :https://anchorstates.net/daftar-harga-dan-ketersediaan-google-pixel-2-dan-2-xl/