Anggota Zygomycota

  1. Home
  2. /
  3. Uncategorized
  4. /
  5. Anggota Zygomycota

Anggota Zygomycota

Posted in : Uncategorized on by : admin

Anggota Zygomycota

  1. Rhizopus sp., mampu memecah amilum menjadi dekstrosa, protein dan lemak dalam kedelai menjadi molekul yang lebih kecil. Apabila tumbuh pada makanan atau buah-buahan lain dapat bersifat merugikan karena mengakibatkan pembusukan.
  2. Mucor mucedo banyak ditemukan pada kotoran ternak. Pada struktur jamur mucor antara sporangium dan sporangiotor dipisahkan oleh sekat menonjol yang disebut kolumela.
  3. Mucor Hiemalis berperan dalam fermentasi susu kedelai
  4. Pilobolus hidup pada kotoran hewan yang telah terdekomposisi
  5. Beauveria bassiana berperan sebagai parasit pada wereng
  6. Metarrhisium anisopliae berperan dalam mengendalikan kumbang kolorado.

2.5  Manfaat Jamur Zygomycota

Tidak semua jamur memiliki fungsi dan manfaat yang buruk bagi lingkungan sekitarnya. Buktinya adalah jamu zygomycota ini. Jamur ini memiliki fungsi dan manfaat yang baik, terutama ketika menempel dan hidup pada akar tanaman sebai inang atau induknya. Ketika tumbuh dan hidup pada inang, maka tercipta lah suatu simbiosis mutualisme, dimana jamur ini akan menyerap nutrisi dari akar tumbuhan, dan kemudian jamur ini juga akan membantu mengoptimalkan penyerapan air dan mineral di dalam tanah, sehingga dapat tercipta cadangan air tanah yang lebih optimal dibandingkan tidak adanya jamur ini. Dengan optimalnya cadangan dan penyerapan air tanah, maka daerah vegetasi tersebut tidak akan mengalami kekeringan dan kekurangan air, yang merupakan salah satu sumber utama dari kehidupan.

  1. Sebagai bahan pembuatan tempe

Manfaat jamur yang paling terkenal salah satunya adalah untuk membuat tempe. Siapa yang tidak mengenal tempe? Tempe merupakan salah satu olahan kedelai yang sangat tinggi manfaatnya bagi tubuh. Tempe dibuat dengan cara memfermentasikan kedelai dengan unsur tertentu sehingga pada akhirnya terbentuklah tempe yang kita kenal dan sering kita konsumsi saat ini.

Salah satu unsur yang digunakan dalam produksi tempe ialah jamur zygomicota ini. Salah satu jenis jamur ini, yaitu rhizopus oryzae merupakan salah satu jenis jamur yang berperan penting dalam pembentukan dan produksi dari tempe yang kita makan sehari – hari. Manfaat tempe yang semakin terkenal di masyarakat membuat jamur pun lebih terkenal.

Recent Posts