Tujuan dari Pengembangan Produk.

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Otomotif
  6. /
  7. Tujuan dari Pengembangan Produk.

Tujuan dari Pengembangan Produk.

Posted in : Kesehatan, Otomotif on by : admin

Tujuan dari Pengembangan Produk.

 Menurut Buchari Alma (2000:101) tujuan pengembangan produk adalah

  1. Untuk memenuhi keinginan konsumen yang belum puas
  2. Untuk menambah omzet penjualan
  3. Untuk memenangkan persaingan
  4. Untuk mendayagunakan sumber-sumber produksi
  5. Untuk meningkatkan keuntungan dengan pemakaian bahan yang sama
  6. Untuk mendayagunakan sisa-sisa bahan
  7. Untuk mencegah kebosanan konsumen
  8. Untuk menyederhanakan produk, pembungkus
  9. Tahap – Tahap Pengembangan Produk

Menurut Kotler (2002: 382) tahap-tahap pengembangan produk terbagi menjadi delapan tahap yaitu :

  1. Idea Generation (Pemunculan Gagasan)

Tahapan ini merupakan pencarian peluang produk baru secara terus menerus dan sistematik. Tahapan ini dilakukan untuk menemukan gagasan-gagasan baru dan segara mengenai penciptaan produk. Metode untuk menciptakangagasan baru meliputi brain storming (sesi kelompok kecil untuk menstimulasi gagasan), melakukan analisa atas produk yang sudahada, ataupun melalui survei konsumen.

  1. Idea Screening (Penyaringan Gagasan)

Setelah perusahaan mengidentifikasi gagasan produk yang berpotensi, perusahaan harus menyaringnya. Dalam product screening, kekurangan, ketidakcocokan, atau gagasan yang tidak menarik lainnya harus disingkirkan dari tindakan lebih lanjut. Tujuan penyaringan adalah mengurangi banyaknya gagasan dengan mencari dan menghilangkan gagasan buruk sedini mungkin.

  1. Concept Development and Testing (Pengembangan dan Pengujian Konsep)

Menguji konsep adalah menyajikan konsep produk kepada consumer dan mencoba mengukur sikap dan ketertarikan konsumer atas konsep awal pengembangan produk tersebut. Pengujian konsep merupakan cara yang cepat dan tidak mahal untuk mengukur minat konsumer. Pengujian dilakukan dengan meminta konsumer yang potensial untuk berinteraksi terhadap sketsa gambar atau deskripsi tertulis yang menggambarkan produk yang akan dikembangkan.

  1. Marketing Strategy Development (Pengembangan Strategi Pemasaran)

Pernyataan strategi pemasaran terdiri dari tiga bagian untuk memperkenalkan produk ke pasar. Bagian pertama menjelaskan ukuran, struktur, dan tingkah laku pasar sasaran, penempatan produk yang telah direncanakan, penjualan, bagian pasar, serta sasaran keuntungan yang hendak dicari pada beberapa tahun pertama. Bagian kedua dari pernyataan strategi pemasaran menguraikan harga produk yang direncanakan, strategi distribusi, dan biaya pemasaran selama tahun pertama. Bagian ketiga menjelaskan penjualan jangka panjang yang direncanakan, serta sasaran keuntungan dan strategi bauran pemasaran selama ini.

Sumber :

https://zalala.co.id/ponsel-lipat-samsung-akan-diproduksi-terbatas/