Strategi imitatif (Imitative strategy)

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Strategi imitatif (Imitative strategy)

Strategi imitatif (Imitative strategy)

Posted in : Kesehatan on by : admin

Strategi imitatif (Imitative strategy)

Strategi ini dilakukan dengan meniru produk baru dengan cepat sebelum produk tersebut mendapat pasaran yang kuat. Contoh dari strategi ini adalah perusahaan VWX dikabarkanakan segera meluncurkan ponsel Galaxy YZ yang memiliki model menarik dan potensi besar akan meraih kesuksesan di pasar. Perusahaan XYZ yang berasal dari Negara China membuat strategi untuk meniru model ponsel Galaxy YZ, meskipun sistem operasi dari ponsel tersebut tidak sama.

  1. Strategi second-but-better

  2. Strategi ini dilakukan dengan sebelumnya menunggu hasil pemasaran produk baru dari pesaingnya; lalu tidak hanya meniru produk pesaing, tetapi juga memperbaikinya dan memperkuat posisinya di pasaran. Contoh dari strategi ini adalah perusahaan BCD dikabarkan akan segera meluncurkan ponsel Galaxy AB yang memiliki model menarik dan potensi besar akan meraih kesuksesan di pasar. Perusahaan EFG membuat strategi untuk meniru model ponsel Galaxy YZ, tetapi dengan penyempurnaan model dari ponsel yang ditirunya dan mengembangkan sistem operasi berbasis android versi terbaru.
  3. Strategi responsif (responsive strategy)
    Strategi ini dilakukan dengan mengakomodasi keinginan konsumen.

Contoh dari strategi ini adalah perusahaan EFG meluncurkan ponsel 5X yang  merupakan hasil dari berbagai keinginan dan permintaan pasar untuk penyempurnaan atas kekuragan keluaran ponsel sebelumnya, yaitu  5W.

Sumber :

https://busbagus.co.id/xiaomi-mi-mix-2-segera-mendarat-di-india/