Norma-norma Hukum

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Norma-norma Hukum
Norma-norma Hukum

Norma-norma Hukum

Posted in : Pendidikan on by : admin

Norma-norma Hukum

Norma-norma Hukum

  1. Norma Susila

Norma susila dapat dikatakan peraturan-peraturan hidup yang berasal dari hati nurani manusia. Ia menentukan perbuatan mana yang baik mana yang buruk, berdasarkan bisikan suara hatinya. Norma susila yang mendorong manusia untuk kebaikan akhlak pribadinya guna menyempurnakan manusia itu sendiri.

Pelanggaran atas norma susila ialah pelanggaran perasaannya sendiri. Akibatnya atau sanksinya adalah penyesalan.

  1. Norma Kesopanan

Norma kesopanan timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati.

Pelanggaran atas norma kesopanan menimbulkan celaan dari sesamanya. Celaan inti dapat berupa kata-kata atau celaan itu berupa kebencian, pandangan rendah orang sekitarnya, sampai si pelakunya di jauhi dalam pergaulan.

Sikap tersebut menimbulkan rasa malu, hina, kehilangan sesuatu, dikucilkan sehingga merasakan penderitaan batin yang dapat dikatakan merupakan sanksi hukuman.

  1. Norma Agama

Norma agama merupakan ketentuan hidup manusia ke arah yang baik dan benar. Ia mengatur kewajiban-kewajiban manusia kepada Tuhan. Akibatnya atau sanksinya datang dari Tuhan di akhirat nanti.

  1. Norma Hukum

Norma hukum mempunyai sifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusia dalam pergaulan hidupnya di masyarakat. Sifat yang nampak pada norma hukum adalah : adanya paksaan dari luar (sanksi) dari penguasa yang bertugas, dan sifat Undang-Undang yang berlaku bagi siapa saja.


Sumber: https://compatibleone.org/metasys-9-0-punya-fitur-pengontrol-berbasis-ip-ethernet-dan-ui/