Sumber-sumber Masalah Politik

  1. Home
  2. /
  3. Fashion
  4. /
  5. Sumber-sumber Masalah Politik

Sumber-sumber Masalah Politik

Posted in : Fashion on by : admin

  1. Sumber-sumber Masalah Politik

Adapun sumber-sumber masalah politik yang mempengaruhi pemasaran internasional adalah:

  1. Kedaulatan politik (political sovereighty)

Mengacu pada hasrat suatu negara untuk menunjukkan kekuasaannya atas bisnis asing dengan berbagai sanksi-sanksi yang bersifat tetap dan evolusioner,sehingga dapat diperkirakan.

  1. Konflik politik

Konfli politik seperti kerusuhan (turnmoil),perang saudara (internal a war),persekongkolan (conspirasi).Konflik politik dapat mempengaruhi atau tidak mempengaruhi perdagangan.Adakalanya perubahan politik membawa iklim perdagangan yang lebih baik.Resiko politik dan konflik politik di suatu negara mungkin menyebabkan kondisi yang tidak stabil,tetapi situasi itu belum tentu merupakan hasil dari konflik politik.

Konflik politik dapat mempengaruhi bisnis baik secara langsung (direct effect) maupun pengaruh yang tidak langsung (indirec effect).Adapun pengaruh langsung seperti kekerasan dengan penculikan harta benda perusahaan,pemogokan buruh dan sebagainya.Sedangkan pengaruh tidak langsung yaitu terjadinya perubahan dalam kebijakan pemerintah dengan kata lain,konflik politik meyebabkan beberapa perusahaan dalam prospektif ekonomi baik yang dilakukan oleh pemerintah yang sedang berkuasa atau tang baru berkuasa.

  1. Model-model Politik

Dalam konflik politik,campur tangan politik (political intervention) merupakan suatu kebijakan pemerintah negara setempat untuk memaksa perubahan dalam operasi,kebijakan dan strategi perusahaan asing.Campur tangan tersebut bisa bermacam-macam mulai dari beberapa usaha pengendalian sampai pada pengambilalihan secara lengkap.Besarnya campur tangan tersebut beranekaragam sesuai dengan bisnis perusahaan dan sifat campur tangan berbentuk pengambilalihan(expropriation), domestikasi(domestication), pengendalian pertukaran(exchange control), pembatasan impor(import restication), pengendalian pasar(market control), dan masalah perburuhan(laborproblem).

Selain faktor diatas,dalam pemasaran internasional perlu juga mengenal model politik yang diterapkan pada negara sasaran.Beberapa model politik yaitu:

  1. Model politik internasional negara sentris (state centric international politic model)

Berasumsi bahwa pemerintah suatu negara bertujuan mencari kekuasaan dan status dalam hubungan dengan negara lain,tujuan kompetisi dan desentralisasi sistem politik internasional pemerintah tersebut menggunakan semua sumberdaya internasionalnya untuk mencapai tujuan-tujuan internasional.

  1. Model politik nasional pluralistik (pluralistic national politics model)

Mengasumsikan bahwa pemerintah suatu negara cepat tanggap terhadap pertentangan kepentingan-kepentingan dalam suatu sistem politik.

  1. Model perilaku politik organisasional birokratis (bureaucratic organicational politic bahavior model)

Mengasumsikan bahwa tindakan pemerintah suatu negara adalah akibat dari suatu proses organisasional dalam birokrasi pemerintah.

  1. Model politik transnasional (transnational politic model)

Menekankan pada meningkatnya peran penting yang dimainkan dalam politik dunia oleh organisasi-organisasi pemerintah nasional.

Sumber :

https://rajasatour.id/apple-rilis-ios-11-1-hadirkan-beta-tes-ios-11-2/