Kegunaan Penilaian Resiko Politik

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Kegunaan Penilaian Resiko Politik

Kegunaan Penilaian Resiko Politik

Posted in : Kesehatan on by : admin

  1. Kegunaan Penilaian Resiko Politik

          Untuk membantu manajemen mengidentifikasi kejadian-kejadian politik yang mempengaruhi keputusan bisnis internasional sekarang dan masa depan maka diperlukan penilaian resiko. Dimana penilaian resiko digunakan untuk memperkirakan tingkat resiko yang dipikul oleh perusahaan pada saat melakukan investasi dan membantu menentukan jumlah resiko yang diterima perusahaan.

Misalkan pada masa perpindahan era orde baru ke reformasi di Indonesia,terjadi ketidakstabilan keadaan politik yang juga akan mempengaruhi ketidakstabilan keamanan. Banyak perusahaan yang gulung tikar karena huru-hara di berbagai daerah. Para investor memindahkan investasi dari Indonesia ke Negara lain yang diramalkan keadaan politisnya lebih stabil. Dan ini membuktikan bahwa lingkungan politik suatu negara sangat mempengaruhi sektor pemasaran internasional.

  1. Memperkecil Kerentanan Politis

Perusahaan yang tidak langsung mengendalikan lingkungan politik bisa mengambil tindakan untuk mengurangi tingginya kerentanan terhadap resiko yang ditimbulkan politik. Perusahaan harus mengelola urusan eksternal di pasar asing untuk memastikan bahwa pemerintah menyadari kontribusi kepada ekonomi,sosial dan perkembangan manusia di Negara tersebut.

Selain itu banyak perusahaan yang berusaha keras memberi manfaat kepada Negara melalui program sosial mereka,yang juga akan memperbaiki citra perusahaannya. Ataupun juga perusahaan bisa menggunakan strategi lainnya untuk meminimalkan kerentanan dan resiko politik. Seperti kerjasama yang bisa dilakukan perusahaan lokal atau negara lain,pengembangan bisnis investasi dengan melibatkan beberapa investor dalam membiayai investasi di negara tuan rumah,pemberian lisensi teknologi dengan imbalan tertentu,domestik terencana yang bisa menguntungkan,tawar menawar politis untuk menghindari potenti resiko politis,penyuapan politis dengan membayar mereka yang berkuasa yang nantinya akan beresiko pada jangka panjang,dan dorongan pemerintah dalam hal investasi yang diarahkan pada tujuan ekonomi.

BAB IV

PENUTUP

  1. Kesimpulan

Dari pembahasan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa lingungan politik sangat berpengaruh dalam pemasaran internasional. Yang dimana juga harus diperhatikan resiko-resiko yang mungkin akan timbul dan menghambat pemasaran internasional nantinya. Resiko-resiko politik tersebut diantaranya:

  1. Resiko ketidakstabilan umum
  2. Resiko ekspropriasi
  3. Resiko operasi
  4. Resiko keuangan

Dimana resiko tersebut bisa dianalisis atas dasar empat asumsi yaitu:

  1. Kejadian politik masa lalu
  2. Deprivasi ekonomi
  3. Kekuasaan yang mempengaruhi hasil politik
  4. Perubahan yang terjadi dalam masa transisi

Tetapi juga resiko politik bisa diminimumkan dengan cara:

  1. Merangsang pertumbuhan ekonomi lokal
  2. Memperkerjakan tenaga kerja lokal
  3. Membagi kepemilikan perusahaan
  4. Menerapkan political neutrality
  5. Pemberian lisensi
  6. Melakukan lobbying
  7. Mengantisipasi resiko politik
  8. Menghindari bidang usaha yang berkaitan dengan produk s

Recent Posts