Pengertian Guru (Pendidik)

  1. Home
  2. /
  3. Fashion
  4. /
  5. Kesehatan
  6. /
  7.  Pengertian Guru (Pendidik)

 Pengertian Guru (Pendidik)

Posted in : Fashion, Kesehatan on by : admin

 Pengertian Guru (Pendidik)

Kata pendidikan, pendidik, guru, atau pengajar, telah menjadi pembicaraan sehari-hari. Secara etimologis, guru sering disebut pendidik. Dalam bahasa Arab, ada beberapa kata yang menunjukkan profesi ini, seperti mudarris, mu’allim,dan murrabi.

Di dalam Al-Quran ditemukan beberapa kata yang menunjukan kepada pengertian pendidik:

Ø  Muallim (Q.S. 29:34 dan Q.S. 35:28)

Muallim adalah orang yang menguasai ilmu, mampu mengembangkan,  menjelaskan fungsinya dalam kehidupan, serta menjelaskan dimensi teoritis dan praktisnya.

Ø  Murabbi (Q.S. 17:24)

Murabbi adalah pendidik yang mampu mengatur, mengelola, membina, memimpin, membimbing dan mengembangkan potensi kreatif  peserta didik. Yang dapat d          imanfaatkan bagi manusia. Pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang berguna bagi masyarakat, dan makhluk Tuhan di sekelilingnya.

Ø  Mudarris

Mudarris adalah pendidik yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang dialogis dan dinamis, mampu membelajarkan peserta didik dengan belajar mandiri, atau memperlancar pengalaman belajar dan menghasilkan warga belajar.

Secara terminologis Guru (pendidik) adalah, pegawai negeri sipil (PNS) yang diberi tugas, wewanang, dan tanggung jawab oleh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan pendidikan di sekolah, termasuk hak yang melekat dalam jabatan. Pendidik merupakan tenaga prosesional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, terutama bagi pendidik pada perguruan tinggi (Pasal 39 (2) UU Nomor 20 Tahun 2003). Guru sebagai figure sentral dalam pendidikan, haruslah dapat diteladani akhlaknya disamping kemampuan keilmuan dan akademisnya. Selain itu, guru haruslah mempunyai tanggung jawab dan keagamaan untuk mendidik anak didiknya menjadi orang yang berilmu dan berakhlak (Syed Hossein Nasr, dalam Azyumardi Azra).

Guru adalah seseorang yang memiliki tugas sebagai fasilitator agar siswa dapat belajar dan atau mengambangan potensi dasar dan kemampuannya secara optimal, melalui lembaga pendidikan sekolah, baik yang didirikan oleh pemerintah maupun masyarakat oleh swasta.

Menurut Poerwadarminta (1996: 335), guru adalah orang yang kerjanya mengajar. Sedangkan menurut Zakiyah Darodjat (1992: 39) menyatakan bahwa guru adalah pendidik professional, karena guru itu telah menerima dan memikul beban dari orang tua untuk ikut mendidik anak-anak. Dalam hal ini, orang tua harus tetap sebagai pendidik yang pertama dan utama bagi anak-anaknya, sedangkan guru adalah tenaga professional yang membantu orang tua untuk mendidik anak-anak pada jenjang pendidikan sekolah.

Jadi dapat disimpulkan guru (pendidik) adalah seseorang yang bertugas sebagai fasilitator, pembimbing dan pentransfer ilmu kepada peserta didik.

Recent Posts