Paradigma Penelitian Kuantitatif

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Otomotif
  6. /
  7. Paradigma Penelitian Kuantitatif

Paradigma Penelitian Kuantitatif

Posted in : Kesehatan, Otomotif on by : admin

Paradigma Penelitian Kuantitatif

Paradigma penelitian diartikan sebagai pola pikir yang menunjukkan hubungan antara variabel yang akan diteliti. Bentuk paradigma atau model penelitian kuantitatif:

  1. Paradigma sederhana : terdiri atas satu variabel bebas dan satu variabel terikat.
  2. Paradigma sederhana beruntun : terdapat lebih dari dua variabel, tetapi hubungannya masih sederhan

c     Paradigma ganda dengan dua variabel bebas : terdapat dua variabel bebas dan satu variabel terikat

  1. Paradigma ganda dengan tiga variabel bebas : terdapat tiga varibel bebas dan satu variabel terikat

e    Paradigma ganda dengan dua variabel terikat : terdapat dua variabel terikat dan satu variabel bebas

  1. Paradigma ganda dengan dua varibel bebas dan dua varibel terikat

Hipotesis Penelitian Kuantitatif

Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap suatu masalah. Jawaban tersebut masih perlu diuji kebenarannya. Adapun cara merumuskan hipotesis minmal memenuhi 3 kriteria yaitu:

  1. Hipotesis harus mendukung judul, masalah, dan tujuan penelitian
  2. Hipotesis harus dapat diuji berdasarkan data empiris
  3. Hipotesis harus bersifat spesifik

Adapun jenis hipotesis dalam dunia statistic dikenal ada 2 macam, yaitu hipotesis nol (Ho) dan hipotesis alternative (Ha).

Populasi dan Sampel

Populasi adalah seluruh elemen penelitian, bisa berupa orang, produk, lembaga, dan lain-lainnya. Sedangkan sampel adalah suatu himpunan bagian dari populasi yang anggotanya disebut sebagai subjek, sedangkan anggota populasi disebut elemen. Banyak teori guna mengukur jumlah sampel yang diperlukan. Missal teori Slovin, gay dan lain-lain.

  1. Mendesain instrument pengumpulan data penelitian

Instrument penelitian dalam kegiatan penelitian ibarat sebuah jala atau jaring yang digunakan untuk menangkap data sebanyak dan sevalid mungkin. Karena peran inilah yang menjadikan instrument penelitian memiliki posisi amat penting dalam penelitian. Instrument penelitian dibedakan menjadi:

  1. Wawancara (interview)

Wawancara adalah percakapan yang dilakukan oleh peneliti dengan responden. Ada beberapa model wawancara yang bisa dilakukan oleh peneliti. Pertama, wawancara terstruktur. Kedua wawancara tidak terstruktur.

  1. Angket (quisioner)

Angket atau quisioner adalah daftar pertanyaan tertulis yang telah dirumuskan sebelumnya untuk dijawab oleh responden. Jenis quisioner bisa dibedakan menjadi dua. Pertama, Quisioner yang diberikan secara pribadi.. Kedua, Quisioner surat.

  1. Pengamatan (observation)

Pengamatan atau observasi adalah metode pengumpulan data yang digunakan untuk menghimpun data penelitian, dan data penelitian tersebut dapat diamati oleh peneliti. Ada dua bentuk observasi, yaitu:

1)      Observasi Berstruktur

2)      Observasi Tidak Berstruktur

  1. Dokumentasi

Dokumentasi adalah data sekunder yang tersimpan dalam bentuk dokumen atau file. Dokumen  ini bisa berupa buku, laporan, notulen, disc, majalah, surat kabar, foto, dan lain sebagainya.

  1. Test

Tes sebagai pengumpul data adalah serangkaian pertanyaan dan latihan yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan, atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. Ada beberapa macam tes instrumen pengumpulan data, diantaranya: tes kepribadian, tes bakat, tes prestasi, tes sikap, tes intelegensi.

Data-data yang diperoleh dari instrument inilah yang kemudian akan dianalisis untuk menguji kesimpulan awal (hipotesa) yang telah ditentukan peneliti. Dari penjabaran ini nampak bahwa instrument penelitian memiliki peran yang penting dalam proses pengumpulan data.

 Instrumen yang baik harus memenuhi dua persyaratan penting yaitu valid dan reliabilitas.

  1. Validitas

Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat kevalidan atau keshahihan suatu instrument. Untuk memperoleh instrument yang valid peneliti harus bertindak hati-hati sejak awal penyusunannya

  1. Reliabilitas

Uji reliabilitas instrument menunjukkan hasil pengukuran suatu instrument bebas dari kesalahan pengukuran.

  1. Melakukan pengumpulan data penelitian

Proses pengumpulan data penelitian kuantitatif harus terprogram dan terencana. Hal-hal yang harus disiapkan oleh peneliti dalam tahap pengumpulan data adalah sebagai berikut:

  1. Membuat schedule penelitian

Schedule penelitian berisi hal-hal yang harus dikerjakan, kapan waktunya dan deadline selesai dan lain-lain.

  1. Persiapan admisintrasi

Persiapan administrasi yang dimaksud seperti meliputi persiapan surat-menyurat, pengurusan ijin penelitian, persiapan pertemuan-pertemuan, persiapan alat-alat penelitian, dan lain-lain.

c    Organisasi tim peneliti

Organisasi ini untuk penelitian kolektif, untuk penelitian individual tidak memerlukan pengorganisasian seperti ini.

  1. Penyusunan anggaran penelitian

Bagi penelitian individual penyusunan anggaran tidak mutlak diperlukan karena semua pengeluaran langsung dikoordinasi sendiri dengan biaya sendiri. Tapi bagi penelitian kolektif yang membutuhkan donor dari pihak lain maka perlu membuat rencana anggaran dana.

  1. Uji coba dan revisi instrument penelitian

Adapun instrument penelitian yang membutuhkan uji coba adalah jenis angket. Sedangkan jenis wawancara, observasi, interview, dokumentasi dan lainnya tidak harus diuji cobakan. Karena instrument ini selalu bersama peneliti.

  1. Field workers dan tenaga asisten

Tenaga bantu ini diperlukan biasanya dalam penelitian kuantitatif yang dilakukan pada populasi yang sangat luas. Sehingga peneliti membutuhkan bantuan orang lain.

  1. Mengambil data dilapangan

Apabila seluruh persiapan penelitian diatas sudah selesai maka pengumpulan data bisa dimulai. Beberapa ahli mengatakan bahwa jika suatu penelitian sudah sampai pada pengumpulan data maka penelitian tersebut 80% sudah selesai.

  1. Mengolah dan menganalisis data hasil penelitian
  2. Mengolah Data

 

Sumber :

https://merpati.co.id/produk-warna-cat-rambut/