Organ Genetalia Eksterna

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Organ Genetalia Eksterna
Organ Genetalia Eksterna

Organ Genetalia Eksterna

Posted in : Kesehatan on by : admin

Organ Genetalia Eksterna

Organ Genetalia Eksterna

  1. Penis

Bagian ini terletak menggantung ddidepan skrotum, bagian ujung disebut glans penis, bagian tangah disebut korpus penis, bagian pangkal disebut radiks penis. Kulit ini berhubungan dengan pelvis, skrotum, dan perineum. Berfungsi untuk menyalurkan dan menyemprotkan sperma saat ejakulasi

Prepusium yang menutupi glans dipisahkan dari prepusium dan di dalamnya terdapat ruangan yang dangkal.

  1. Fasia superfisialis

Secara langsung berhubungan dengan fasia skrotum dengan lapisan sel otot polos.

  1. Korpora kavernosa penis

Korpora kavernosus penis ditutupi oleh kapsul kuat yang terdiri atas benang-benang superfisialis dan profunda mempunyai arah longitudinal dan  membentuk satu salluran.

  1. Korpus kavernosa uretra

Merupakan bagian dari penis yang berisi uretra. Di dalam batang penis terlihat berbentuk silinder lebih kecil dari kavernosa penis.

  1. Glans penis

Bagian akhir anterior dari korpus kavernosa uretra memanjang kedalam  bentuknya seperti jamur. Glans penis ini licin dan kuat, bagian perifernya lebih besar hingga membentuk pinggir yang bundar disebut korona glandis.

  1. Bulbus uretra

Merupakan pembesaran bagian posterior 3-4 cm dari korpus kavernosa uretra, letaknya superfisialis dari diafragma urogenitallis.

Penggantung penis.

  1. Ligamentum fundiformis penis : lapisan tebal yang berasal dari fasia superfisialis dan dari dinding abdominalis anterior diatas pubis.
  2. Ligamentum suspensorium penis : berupa benang berbentuk segitiga. Bagian eksterna dari fasia profunda menggantunf pada dorsum, sedangkan akar penis ke bagian inferior linea alba, simpisis pubis, dan ligamentum arkuarta pubis, kruris iskhio pubis dan bulbus diafragma urogenitalis sebagai alat penggantung penis.

Pembuluh darah penis

  1. Arteri pudenda interna : cabang arteri hipogastrika yang menyuplai darah untuk ruangan kavernosa.
  2. Arteri profunda penis : cabang dari arteri dorsalis penis, bercabang terbuka langsung ke ruangan kavernosa. Cabang kapiler ini akan menyuplai darah ke trabekularuangan kavernosa dan dikembalikan ke vena pada dorsum membentuk vena dorsalis penis melewati permukaan superior korpora  lalu bergabung dengan yang lain.

Saraf penis

Merupakan cabang dari nervus pudendus dan pleksus.

  1. Skrotum

Skrotum adalah berupa kantong yang terdiri atas kulit tanpa lemak, memiliki sedikit jaringan otot yang berada dalam pembungkus disebut tunika vaginalis. Sepasang skrotum ini menggantung didasar pelvis. Pada bagian depan skrotum terdapat penis dan dibelakangnya terdapat anus. berfungsi untuk melindungi testis dari taruma atau suhu

Lapisan skrotum

  1. Kulit : warna kecoklatan, tipis, dan mempunyaiflika/rugae.
  2. Tunika dartos : berisi lapisan otot polos yang tipis sepanjang

basis skrotum.

Sumber :

https://littlehorribles.com/