Tinjauan Teori

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Tinjauan Teori

Tinjauan Teori

Posted in : Pendidikan on by : admin

Table of Contents

Tinjauan Teori

Gambaran tunjauan teori dalam proposal penelitian menerangkan tentang variable yang akan diteliti, baik suatu variabel (dalam penelitian deskriptif) maupun variabel lebih dari satu (analiti : komparatif, asosiatif maupun pengaruh). Tunjauan teori ini menggambarkan teori-teori argument tentang variable yang akan diteliti maupun interaksinya, baik variable bebas maupun variabel terikat.

  1. Kerangka Konsef

Kerangka konsef juga menggambarkan alur pemikiran pemikiran penelitian dan memberikan penjelasan alasan dugaan yang dibuat oleh penelitian seperti yang tercantum dalam hipotesis. Kerangka konsef umunya disajikan dalam bentuk bagan, sehingga jelas hubungan antar variabel.

Keranka konsef yang baik, apabila dapat mengidentifikasi variabel-variabel penting yang sesuai dengan permasalahan penelitian dan secara rasional mampu menjelaskan keterkaitan antara varibel. Kaidah susunan kerangka konsef adalah

  1. Variabel-variabel penelitian harus diidenfikasi secara jelas dan diberi nama
  2. Uraian dalam bagan harus mencerminkan unteraksi/hubungan variabel suatu satu sama lain
  3. Kerangka  konsef sebaiknya digambarkan dalam diagram skematik (bagan), sehingga pembaca dapat secara jelas melihat hubungan variabelnya.

Kesimpulan

Kegunaan penelitian mempunyai dua hal yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan (secara teoritis) dan membantu mengatasi, memecahkan dan mencegah masalah yang ada pada objek yang diteliti.

Rumusan tujuan mengungkapkan keinginan peniliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan. Oleh karena, rumusan tujuan harus relevan dengan identitas masalah yang ditemukan

  1. Kritik dan Saran

Kami menyadari sebagai pemakalah, mungkin masih banyak terdapat kesalahan dalam pembuatan makalah ini. Maka, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari Dosen Pembimbing dan pembaca demi perbaikan makalah nantinya.

Baca juga: