Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Home
  2. /
  3. Kesehatan
  4. /
  5. Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Oatmeal Bagi Kesehatan Tubuh

Posted in : Kesehatan on by : admin

Oatmeal memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Cobalah mengganti menu dengan oatmeal makanan ringan nasi. Selain menjadi serat yang baik untuk pencernaan, oatmeal juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Di pagi hari Anda makan semangkuk oatmeal panas, Anda siap untuk semua kegiatan dengan antusiasme dan kekuatan penuh. Oatmeal mengandung banyak nutrisi penting, sehingga tidak perlu diragukan manfaat oatmeal bagi kesehatan fisik.

Oatmeal, yang terbuat dari gandum, dianggap sebagai salah satu makanan tersehat. Oat mengandung lebih dari 50 nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk karbohidrat, serat, lemak, protein, vitamin B1, B2, B3, B5, B9, kalsium, magnesium, folat, fosfor, mangan, kalium dan zat besi. Itu terjadi. Vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan Anda, serta untuk menjaga kesehatan tulang, jaringan tubuh, metabolisme, sistem kekebalan tubuh, dan banyak proses lain yang terjadi dalam tubuh.

Karbohidrat dalam gandum kebanyakan berasal dari tepung atau pati olahan. Kandungan seratnya juga merupakan serat unik yang disebut beta-glukan. Serat ini berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat, gula, dan insulin dalam darah. Selain kaya serat, vitamin dan mineral, ia juga mengandung antioksidan yang dianggap melindungi Anda dari risiko penyakit jantung.

Manfaat oatmeal

Dengan begitu banyak nutrisi di dalamnya, manfaat oatmeal yang lezat dan sehat ini tentu saja banyak. Berikut ini beberapa manfaat oatmeal:

Pemeliharaan berat badan

Oatmeal mengandung serat yang bisa bertahan lama di perut. Ini memberi Anda waktu lebih lama untuk menghindari makan berlebihan atau sering ngemil. Akibatnya, berat badan Anda akan terjaga.

Ini menurunkan kolesterol

Oatmeal mengandung serat yang diyakini dapat mencegah atau mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Jika Anda mengonsumsi setidaknya 6 gram (sekitar 1 1/2 gelas) atau lebih sehari, Anda dapat menurunkan LDL dan kolesterol total dalam tubuh Anda. Jika Anda mencampur oatmeal dengan buah-buahan seperti pisang, Anda akan mendapatkan lebih banyak serat

Mengurangi risiko penyakit jantung

Mengonsumsi oatmeal selama beberapa minggu dapat menurunkan LDL dan kolesterol total. Saat kadar kolesterol dan LDL turun, demikian juga risiko penyakit jantung.

Menstabilkan gula darah pada pasien diabetes

Salah satu manfaat oatmeal, yang kaya akan serat larut, adalah dapat memperlambat penyerapan gula dan membantu meningkatkan kadar gula darah. Makanan larut yang mengandung serat larut juga dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Untuk masalah pencernaan

Makan gandum atau oatmeal juga membantu mengobati masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus, penyakit radang usus dan sembelit. Oat yang digunakan dalam makanan sehari-hari juga dipercaya dapat mengurangi risiko kanker usus. Tetapi semua ini membutuhkan lebih banyak bukti dan penelitian yang lebih mendalam.

Selain diminum sebagai makanan sehat, oatmeal juga bisa digunakan sebagai masker atau pembersih untuk wajah dan kulit. Meskipun manfaat oatmeal banyak dan sangat sehat, banyak orang tidak suka oatmeal karena rasanya berminyak dan tidak menyenangkan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan beberapa buah ke oatmeal, seperti apel, stroberi, blueberry atau pisang. Anda bisa menambahkan satu sendok teh gula merah atau madu untuk mendapatkan rasa yang sedikit lebih manis.

Baca juga: