Komputerisasi Akuntansi

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Komputerisasi Akuntansi

Komputerisasi Akuntansi

Posted in : Pendidikan on by : admin

Akuntansi komputer adalah penggunaan komputer dan perangkat lunak akuntansi untuk merekam, menyimpan, dan menganalisis data keuangan. Keuntungan dari sistem akuntansi terkomputerisasi ini banyak, tetapi ada juga kelemahannya, karena keseluruhan manusia tidak. Keuntungan dan kerugian dari akuntansi komputer yang kami kutip dari ruangguru.co adalah sebagai berikut.

A. Kelebihan Komputerisasi Akuntansi

Akurasi tinggi
Sistem akuntansi dalam bentuk perangkat lunak komputer dirancang dengan baik sehingga dapat digunakan sesuai dengan detail kecil. Setelah memasuki sistem data, perangkat lunak dapat secara otomatis melakukan semua perhitungan, termasuk penambahan dan pengurangan. Ini pasti memastikan keakuratan angka karena tidak ada yang diproses dan dicatat dua kali. Semua data akan diterima dari awal rekaman.

Penggunaan penindasan otomatis
Semua perhitungan dilakukan dengan perangkat lunak sehingga kami dapat menghilangkan lebih banyak proses yang memakan waktu daripada penagihan manual. Akuntansi sebagai sistem informasi komputer dapat menyederhanakan proses penyimpanan catatan transaksi dalam bentuk elektronik. Pada saat yang sama, transaksi secara otomatis diposting ke akun umum (cara membuat buku besar) dan ke akun buku besar pembantu. Misalnya, stok barang yang hilang akan dicatat sehingga faktur akan diproses secara otomatis. Catatan akuntansi dapat dibuat lebih efisien.

Akses ke data menjadi lebih mudah
Penggunaan perangkat lunak akuntansi memungkinkan semua orang akses mudah ke data akuntansi di luar kantor. Kemudahan dan keamanan akses dirasakan ketika solusi akuntansi online digunakan. Pembukuan komputer menyajikan data saldo akun untuk mendukung keputusan ketika saldo akun diterbitkan, ketika transaksi disajikan sesuai dengan sifat akuntansi.

Keandalan atau keandalan laporan keuangan
Perhitungan bisnis perusahaan dengan perangkat lunak, tentu saja, sangat akurat, sehingga laporan keuangan yang disiapkan sangat andal. Keandalan dapat dicapai karena data dapat diakses dengan cepat menggunakan alat perhitungan yang sistematis.

Ada skala untuk dihitung
Perusahaan pengembangan, tentu saja, membutuhkan berbagai jenis akuntansi yang lebih banyak dan lebih kompleks. Keberadaan sistem komputer membuat semua orang tetap terjaga, karena pemilihan data dengan bantuan akuntansi komputer jauh lebih mudah daripada penyaringan manual banyak dokumen.

Kecepatan proses akuntansi
Penggunaan akuntansi komputer mempercepat seluruh proses pembuatan akun. Setelah memasukkan data, Anda dapat membuat jenis laporan keuangan semudah menekan tombol yang diinginkan. Operator tidak perlu menunggu berjam-jam, bahkan berhari-hari, untuk menyerahkan laporan keuangan kepada perusahaan yang menawarkan internal, yang diperlukan.

Keamanan data dijamin
Data keuangan akan disimpan secara online sehingga terlindung dari bencana alam seperti gempa bumi, kebakaran, banjir, dan hal-hal tidak menyenangkan lainnya. Jika terjadi bencana atau kerusakan, sistem dapat dengan cepat dipulihkan dari satu komputer ke komputer lain karena tidak ada data yang hilang atau hilang.

Lebih hemat biaya
Akuntansi komputer lebih efisien daripada akuntansi kertas, sehingga lebih hemat biaya. Pekerjaan yang berkaitan dengan siklus akuntansi biaya dan konsep akuntansi dasar disimpan dengan cepat dan langsung untuk menghemat waktu (efisiensi).

Visualisasi data
Anda dapat melihat berbagai akun di komputer Anda, memungkinkan Anda memanfaatkan kemampuan untuk melihat data dalam berbagai format. Data dapat dengan mudah dibuat dalam tabel dan berbagai jenis grafik untuk membuatnya lebih mudah untuk mengimplementasikan visualisasi data dalam fungsi akuntansi.

B. Kekurangan Komputerisasi Akuntansi

Tidak hanya ada banyak keuntungan, ternyata akuntansi komputer juga memiliki kelemahan sebagai berikut.

Dibutuhkan uang untuk membeli perangkat
Teknologi pendukung sebagai alat kerja membutuhkan biaya yang signifikan terkait dengan pembelian komputer dengan perangkat lunak dan perangkat keras.

Biaya yang diperlukan untuk perawatan (pemeliharaan)
Biaya perawatan (maintenance) tentu saja untuk menghindari kerusakan besar pada perangkat. Ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang mengerti sistem akuntansi komputer. Akuntan perlu melatih profesional untuk dapat menggunakan teknologi dengan benar.

Ini adalah pro dan kontra dari akuntansi komputer. Keuntungannya jauh lebih besar daripada kerugiannya, sehingga komputer komputer seharusnya digunakan oleh berbagai perusahaan menengah dan besar. Manfaat akuntansi manual benar-benar tidak lagi diklaim oleh perusahaan.

Baca juga: