Badan Usaha Koperasi

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Badan Usaha Koperasi
Badan Usaha Koperasi

Badan Usaha Koperasi

Posted in : Pendidikan on by : admin

Table of Contents

Badan Usaha Koperasi

Badan Usaha Koperasi

Badan Usaha Koperasi

Pengertian Badan Usaha Koperasi :

Yang dimaksud badan usaha koperasi adalah adanya kemauan orangperorang untuk menghimpun diri secara sukarela dan bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Yang membedakan dari badan usaha lain adalah hak dan kewajiban anggota tidak bergantung pada besarnya modal yang disektorkan kekoperasi.

Ciri-Ciri Koperasi dan Badan Usaha Koperasi :

  1. Ciri-ciri koperasi

Merupakan badan usaha yang beranggotakan orang seorang, koperasi Indonesia harus dapat malakukan kegiatan usaha sebagaiman badan uasaha lain, dengan mendayagunakan seluruh kemampuan anggotanya.
Kegiatan koperasi didasarkan atas prinsip-prinsip koperasi.
Koperasi Indonesia merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan. Dalam tatanan perekonomian Indonesia, koperasi merupakan salah satu kekuatan ekonomi yang tumbuh dikalangan masyarakat luas sebagai pendorong tumbuhnya ekonomi nasional dengan berasaskan kekeluargaan.
Koperasi Indonesia merupakan kumpulan orang-orang dan bukan kumpulan modal. Dengan demikian pengaruh dan pengguna modal tidak boleh mengurangi makna pengertian dan asas koperasi.
Kegiatan koperasi dilaksanakan atas kesadaran anggota tanpa ada paksaan, ancaman atau campur tangan dari pihak-pihak yang tidak ada hubungan dengan soal  intern koperasi.
Koperasi  Indonesia bekerja sama, bergotong royong berdasarkan persamaan derajat hak dan kewajiban.

Sumber : https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/movie-fx-apk/