TOPOLOGI JARINGAN

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. TOPOLOGI JARINGAN
TOPOLOGI JARINGAN

TOPOLOGI JARINGAN

Posted in : Pendidikan on by : admin

Table of Contents

TOPOLOGI JARINGAN

TOPOLOGI JARINGAN

TOPOLOGI JARINGAN

Network adalah jaringan dari sistem komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih node (sumber-sumber daya) yang dihubungkan dengan jalur transmisi (link) membentuk suatu sistem. Bentuk dari jaringan (network) disebut dengan topologi. Topologi dasar dari jaringan komputer dapat berbentuk jaringan bentuk bintang (star network), jaringan bentuk bus (bus network), jaringan bentuk lingkaran (loop network) dan jaringan bentuk cincin (ring network). Bentuk tambahan lainnya adalah jaringan bentuk berjenjang pohon, jaringan bentuk laba-laba, dan jaringan bentuk meta. Masing-masing topologi bentuk jaringan ini menghubungkan beberapa node dengan menggunakan link.
1. Star Network 
Star network menghubungkan dengan suatu node pusat (central node atau host node) yang membentuk jaringan seperti bentuk bintang. Suatu komunikasi ditangani dan diatur langsung oleh central node.
2. Bus Network
Bus network menghubungkan beberapa node dalam jalur data (bus). Masing-masing node dapat melakukan tugas-tugas operasi yang berbeda-beda. Dalam bus network, tidak ada central node dan semua node mempunyai status yang sama kecuali sebuah node yang dapat ditentukan sebagai server dalam client server system.
3. Loop Network
Loop network merupakan hubungan antar node secara serial dalam bentuk suatu lingkaran tertutup. Dalam bentuk ini tak ada central node atau host node, semua mempunyai status yang sama kecuali ingin ditentukan sebuah node sebagai server.
4. Ring Network
Ring network merupakan gabungan bentuk loop network dan bus network. Jika salah satu node tidak berfungsi atau rusak, maka tidak akan mempengaruhi komunikasi node yang lain karena terpisah dari jalur data.  Hal ini berbeda dengan loop network, bila salah satu node rusak maka akan mempengaruhi node yang lainnya.
5. Hierarchical Tree Network 
Dari namanya hierarchical tre network ini berbentuk seperti pohon yang bercabang yang terdiri dari central node dihubungkan dengan node yang lain secara berjenjang.
6. Web Network 
Web network atau mesh network atau plex network atau completely connected network merupakan bentuk network yang masing-masing node dalam network dapat berhubungan dengan node yang lainnya melalui beberapa link.
7. Meta Network
Meta network atau hybrid network merupakan network dari suatu network atau gabungan dari beberapa network.