Pemroses Komunikasi

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Pemroses Komunikasi
Pemroses Komunikasi

Pemroses Komunikasi

Posted in : Pendidikan on by : admin

Table of Contents

Pemroses Komunikasi

Pemroses Komunikasi

Pemroses Komunikasi

Selain komputer dalam sistem komunikasi data diperlukan beberapa perangkat keras lainnya yang dipergunakan untuk proses pengiriman data yaitu pemroses komunikasi. Beberapa alat pemroses komunikasi adalah modem, multiplexer, concentrator dan front end processor.
Modem
Umumnya jalur transmisi menyalurkan data dalam bentuk data analog, sedangkan data yang dihasilkan oleh sumber pengiriman berbentuk data digital. Suatu modem (modulator demodulator) atau disebut juga data set diperlukan untuk mengubah data dari bentuk digital ke bentuk analog.
Multiplexer
Multiplexer merupakan suatu alat yang memungkinkan beberapa sinyal komunikasi menggunakan sebuah kanal transmisi bersama-sama. Tujuan digunakannya multiplexer adalah untuk menghemat biaya transmisi.
Concentrator
Concentrator mempunyai fungsi yang sama dengan multiplexer, yaitu menggabungkan beberapa sinyal data dari kanal transmisi kapasitas rendah ke kanal transmisi kapasitas tinggi.
Front End Processor
Bila beberapa terminal mengirimkan data ke pusat komputer dan bila CPU di pusat komputer selalu harus mengontrol terus-menerus arus dari data yang masuk dari masing-masing terminal, maka waktu dari CPU di komputer pusat akan habis untuk kegiatan ini saja. Untuk mengatasi hal ini, maka suatu alat yang disebut dengan communication front end dipergunakan untuk menggantikan CPU mengontrol arus data yang masuk terbatas.