MACAM-MACAM JARINGAN

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. MACAM-MACAM JARINGAN
MACAM-MACAM JARINGAN

MACAM-MACAM JARINGAN

Posted in : Pendidikan on by : admin

Table of Contents

MACAM-MACAM JARINGAN

MACAM-MACAM JARINGAN

MACAM-MACAM JARINGAN

Macam-macam jaringan dapat diklasifikasikan berdasarkan beberapa hal, berdasarkan letak geografisnya, jaringan dapat juga diklasifikasikan sebagai jaringan lokal (local network) dan jaringan luas (wide network). Berdasarkan arsitekturnya, network dapat diklasifikasikan sebagai teleprocessing systems, client server systems, resource sharing systems dan distributed data processing systems.
1. Jaringan Lokal 
Berdasarkan pada letak geografisnya, jaringan dapat diklasifikasikan pada jaringan lokal dan jaringan area luas. Jaringan lokal menghubungkan sumber-sumber daya lokal di dalam area yang sama seperti misalnya dalam satu gedung yang sama. Karena masih dalam satu area yang sama biasanya jaringan lokal banyak menggunakan media kabel untuk menghubungkan sumber-sumber daya yang akan dihubungkan. Jaringan lokal dapat berupa Private Branch Exchanges (PBX) dan Local Area Network (LAN).
Private Branch Exchanges
Merupakan suatu jaringan telepon yang dikendalikan oleh komputer untuk menangani arus telepon yang masuk dan mengarahkannya ke alat-alat yang dituju. Arus telepon yang masuk dapat berupa sinyal telepon atau data.
Local Area Network
Merupakan suatu jaringan yang terbatas dalam jarak atau area setempat (lokal). Jaringan ini banyak digunakan dalam satu perusahaan yang menghubungkan antara departemen-depatemen dalam satu gedung. Transmisi data dalam LAN punya kecepatan yang berbeda-beda dan dapat dikategorikan sebagai berikut ini:
  • High speed network, adalah jaringan yang mempunyai kapasitas transmisi data lebih besar dari 20 MBps (Mega Bit per second atau juta bit per detik).
  • Medium speed network, adalah jaringan dengan kapasitas transmisi data sekitar 1 MBps – 20 MBps.
  • Low speed PC network, adalah jaringan dengan kapasitas transmisi data lebih kecil dari 1 MBps.

 

2. Jaringan Luas 
Jaringan luas (wide network) menghubungkan sumber-sumber daya komputer yang saling berjauhan (remote) satu dengan yang lainnya. Topologi jaringan area luas dapat berbentuk yang paling sederhana yaitu star network, hierarchical tree network, loop network, ring network, bus network, web network, sampai yang paling kompleks yaitu meta network. Jaringan area luas dapat berbentuk Wide Area Netwok (WAN) dan Value Added Network (VAN).
Wide Area Network
Merupakan jaringan komputer yang melibatkan beberapa node yang terpisah jauh yang dihubungkan dengan link. Link yang merupakan jalur komunikasi yang banyak dipakai oleh WAN umunya adalah jalur telpon khusus seperti misalnya leased line atau dedicated line.
Value Added Network
Beberapa perusahaan lebih memilih untuk menggunakan jasa jaringan komersial dibandingkan harus membuat dan mengoperasikan sendiri WAN. Jaringan komersial ini disebut dengan Value Added Network (VAN). Value Added Network merupakan suatu jaringan computer yang dibuat oleh sebuah perusahaan jasa jaringan komersial dan menjualnya kepada pelanggan-pelanggan yang memanfaatkan jasa jaringan ini.
3. Teleprocessing Systems
Teleprocessing Systems merupakan model paling klasik dari jaringan komputer yang hanya menggunakan sebuah komputer dan dihubungkan dengan banyak terminal.
4. Clien Server System
Merupakan model komputerisasi dimana sebuah aplikasi client dijalankan di komputer desktop atau komputer pribadi yang mengakses informasi pada server atau host yang terletak di lain tempat. Bagian dari aplikasi yang dijalankan di client biasanya digunakan untuk mengoptimalkan interaksi dengan user, dimana server menyediakan proses tersentralisasi dan bekerja secara multiuser.
5. Resource Sharing System
Mirip dengan clien-server yaitu mendistribusikan semua proses program aplikasi ke client, tetapi dengan perbedaan bahwa DBMS (Data Base Management systems) berada di masing-masing komputer lokal.
6. Distributed Data Processing System
Dengan model ini tiap-tiap komputer mempunyai basis data tersendiri, DBMS sendiri, OS sendiri dan program-program aplikasi sehingga pengolahan data dapat dilakukan secara terdistribusi.