Proyeksi Peta

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Proyeksi Peta
Proyeksi Peta

Proyeksi Peta

Posted in : Pendidikan on by : admin

Table of Contents

Proyeksi Peta

Proyeksi Peta

Proyeksi Peta

Banyak sekali jenis-jenis proyeksi peta yang ada dan yang mempunyai karakteristik sendiri-sendiri untuk lokasi geografi yang berbeda. Di daerah dekat kutub tentu pemilihan proyeksi petanya sangatlah berbeda dengan di daerah katulistiwa, demikian juga pada daerah-daerah yang spesifik lainnya.

Tapi pemilihan proyeksi ini adalah tergantung dari instansi atau pelaksana yang memakai topik-topik tertentu, umpamanya :

· Peta-peta tematik cenderung memakai Equal Area projection mengingat distribusi data memerlukan perbandingan area yang sama untuk semua lokasi.
· Peta-peta untuk presentasi sebaiknya memakai proyeksi Conform.
· Peta-peta untuk navigasi sebainya memakai proyeksi dengan arah yang benar (karena untuk navigasi) atau Mercator maupun proyeksi equidistant.
· Dan banyak lagi jenis proyeksi yang lain

Hal yang perlu diingat juga mengenai luas area yang akan dipetakan, apakah benua, kepulauan, propinsi, kabupaten dan unit area yang makin kecil lainnya. Ini sangat memegang peranan dalam menentukan pemilihan proyeksinya.

Yang terpenting disini adalah seluruh data dalam sistem harus diletakkan pada satu jenis proyeksi yang sama, jadi mempunyai koordinatsistem yang seragam.

Skala Peta

Skala peta sangat berhubungan sekali dengan isi detail dari peta itu sendiri. Untuk masukan data guna dipakai dalam perencanaan SIG global, skala kecil mungkin lebih cocok jika dibandingkan dengan skala besar seperti peta dasar rupa bumi Indonesia.

Sumber : https://mbestarticles.page.tl/Online-education-Lecturer.html