Dana BOS SMK Belum Mencukupi

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Dana BOS SMK Belum Mencukupi
Dana BOS SMK Belum Mencukupi

Dana BOS SMK Belum Mencukupi

Posted in : Pendidikan on by : admin

Dana BOS SMK Belum Mencukupi

Dana BOS SMK Belum Mencukupi

Dana BOS SMK Belum Mencukupi

Keberadaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) memang membantu siswa.

Namun sayangnya, BOS tersebut belum menutupi keperluan siswa. Seperti yang terjadi di beberapa SMK, banyak siswa yang masih kekurangan biaya untuk menutupi keperluan sekolahnya.

Kepala SMKN 2 Kota Bogor, Joko Mustiko, mengatakan, pemerintah saat ini meratakan dana BOS untuk seluruh siswa. Namun seharusnya ada perbedaan yang diberikan kepada siswa SMK lantaran mereka memiliki pendidikan tambahan yakni praktik.

“Saya rasa dana BOS SMK yang jumlahnya Rp1,2 juta per siswa masih banyak kekurangan

, terutama untuk praktik belajar siswa. Apalagi siswa jurusan mesin, di mana dalam praktiknya harus menggunakan listrik dengan pemakaian yang banyak,” ujarnya.

Menurut Joko, sekolah gratis terkadang membuat bingung pihak sekolah, karena biaya yang harus dialokasikan sekolah, terutama untuk SMK sangat besar. Apalagi dalam pelajaran praktik siswa. “Kami berharap dana BOS SMA dan SMK jangan disamakan, mengingat SMK itu ada kegiatan praktik.

Sedangkan SMA tidak ada. Jadi, jelas pengalokasian dana atau pembiayaan sekolah pasti

akan lebih besar SMK dibandingkan SMA,” katanya. Untuk mengimplementasikan pendidikan gratis dengan ditunjang sekolah bermutu, sambung dia, pemerintah harus bisa mewujudkan kebutuhan minimal sekolah, kemudian dana BOS tidak dibatasi Asnap.

 

Baca Juga :