Sebuah Perenungan

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Sebuah Perenungan
Sebuah Perenungan

Sebuah Perenungan

Posted in : Pendidikan on by : admin

Table of Contents

Sebuah Perenungan

Sebuah Perenungan

Sebuah Perenungan

Dalam pendidikan, kitapun mengenal kata ujian. Setiap pelajar di muka bumi ini tentunya pasti melewati suatu tahap yang disebut dengan ujian. Sebentar lagi siswa kelas akhir akan menghadapi Ujian Nasional, sedangkan siswa kelas awal dan menengah menghadapi Ujian Akhir Semester. Ujian tersebut di laksanakan salah satunya sebagai penentu kelayakan kualitas, menambah kualitas dan pemberi motivasi dalam belajar.

Kadang Ujian dijadikan penentuan kelulusan atau menentukan berbagai hal, meskipun pada dasarnya hanya dilakukan beberapa hari saja, yang tidak sebanding dengan lamanya perjuangan kita dalam belajar dari awal hingga akhir masa belajar. Hal ini memberikan renungan bahwa setiap hasil kesuksesan manusia, seperti kepandaian, tidaklah dibangun dalam semalam. Pada hakikatnya Ujian adalah penilaian terhadap kepatuhan jangka panjang. Langkah terbaik dalam menghadapi ujian adalah dengan istiqomah, selalu konsisten dalam hal-hal yang baik kapanpun dan dimanapun. Belajar sebaik mungkin dari awal masuk hingga akhir.

Selain itu ujian juga menjadi penentu kualitas kita secara akhlak, karena proses yang sebentar menjadi rentan terhadap tindak kecurangan. “Hendaklah kalian senantiasa berlaku jujur, karena sesungguhnya kejujuran akan megantarkan pada kebaikan dan sesungguhnya kebaikan akan mengantarkan pada surga. Jika seseorang senantiasa berlaku jujur dan berusaha untuk jujur, maka dia akan dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. Hati-hatilah kalian dari berbuat dusta, karena sesungguhnya dusta akan mengantarkan kepada kejahatan dan kejahatan akan mengantarkan pada neraka. Jika seseorang sukanya berdusta dan berupaya untuk berdusta, maka ia akan dicatat di sisi Allah sebagai pendusta.” (HR. Muslim no. 2607).

Maka jadilah manusia yang meningkat kualitasnya karena ujian, dan bukan sebaliknya. Jadikan segala momen tersebut menjadi ladang penambah amal pahala, bukan malah menjadi penambah dosa.

Selamat ujian bagi para siswa yang menjalaninya, semoga diberikan kelancaran dan hasil yang terbaik. Amin…

Sumber : https://downloadapk.co.id/