Mahasiswa Unand Ciptakan Pemarut Otomatis Aa Gym

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Mahasiswa Unand Ciptakan Pemarut Otomatis Aa Gym
Mahasiswa Unand Ciptakan Pemarut Otomatis Aa Gym

Mahasiswa Unand Ciptakan Pemarut Otomatis Aa Gym

Posted in : Pendidikan on by : admin

Mahasiswa Unand Ciptakan Pemarut Otomatis Aa Gym

Mahasiswa Unand Ciptakan Pemarut Otomatis Aa Gym

Mahasiswa Unand Ciptakan Pemarut Otomatis Aa Gym

Lima mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Universitas Andalas (Unand) berhasil menciptakan alat pemarut ubi otomatis. Alhasil, proses pembuatan panganan khas Sumatera Barat (Sumbar) berupa kerupuk katam alias kerupuk sarang balam menjadi mudah dan tentunya lebih cepat.

Lima mahasiswa itu diketuai oleh M Ibkar Yusran Asfar. Empat angggota lainnya yakni, Rifan Fathurrahman, Aga Agustio Suhada, M Adli Hawariyan dan Marthatillah. “Inovasi ini murni lahir dari ilmu pengetahuan yang dipelajari di bangku kuliah. Serta kami juga dibimbing pak dosen Dendi Adi Saputra,” kata Ibkar, Minggu (15/7).

Mahasiswa berusia 22 tahun itu mengatakan, alat pemarut ubi itu diberi nama Automatic Greated Yam Machine (Aa Gym). Alat tersebut memang dipergunakan untuk proses pengolahan bahan baku ubi untuk kerupuk sarang balam. “Kalau prosesnya cepat, otomatis jumlah produksi meningkat juga,” katanya.

Dalam proses pengembangan alat pemarut ubi tersebut, mereka berkerjasama

dengan mitra UKM Sarang Balam milik Khairul, di Jorong Piladang, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar.

Setiap hari, UKM Sarang Balam tersebut menghabiskan bahan baku sebanyak 200 buah setiap hari. Dengan bantuan alat ini, proses pengerjaan bisa dipersingkat menjadi tiga jam san menghasilkan 2.000 buah kerupuk sarang balam perharinya.

“Biasanya, proses pemarutannya manual dan dilakukan dua orang pekerja. Kini sudah lebih enteng berkat alat ini,” katanya.

Alat Aa Gym sendiri, lanjut mahasiswa Teknik angkatan 2014 itu, diciptakan dengan mata pisau yang bekerja lebih otomatis. Saat memarut ubi, alat ini digerakkan motor yang dialiri arus listrik. Sedangkan pekerja, hanya perlu perlu memasukkan ubi ke tempat yang disediakan alat ini.

Lalu, setelah ubi dimasukkan ke dalam alat, pekerja tinggal menutup dan menekan ganggang.

Mata pisau yang bergerak potong translasi dengan mudah akan memakan ubi tersebut. “Dengan cara yang otomatis ini dapat mengiris ubi menjadi lebih cepat,” tegasnya.

Aa Gym juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya bekerja secara otomatis, menghemat waktu dan dapat meringankan tenaga pekerja dalam proses pembuatan kerupuk.

Ibkar berharap, alat Aa Gym ini dapat digunakan oleh para pelaku UKM

untuk meningkatkan produksi usahanya menjadi berkali-kali lipat dari sebelumnya.

“Kami berharap, alat ini dapat dipatenkan. Alat ini dapat digunakan tidak hanya untuk memarut ubi untuk produksi sarang balam. Tapi, juga untuk jenis usaha keripik lainnya karna mata pisau yang dapat diganti-ganti sesuai dengan jenis kerupuk yang akan dibuat,” pungkasnya.

 

Sumber :

https://rohitink.com/2019/06/14/need-know-periodic-table-elements/