Terapkan Konsep Smart City

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Terapkan Konsep Smart City
Terapkan Konsep Smart City

Terapkan Konsep Smart City

Posted in : Pendidikan on by : admin

Terapkan Konsep Smart City

 

Terapkan Konsep Smart City

Capaian Kota Bogor

Capaian Kota Bogor dalam usahanya menerapkan konsep Smart City (Kota Pintar) mendapat apresiasi dari International Telecommunication Union (ITU) dengan mengundang Wali Kota Bogor Bima Arya dalam forum Smart City yang akan dilaksanakan pada 21 – 22 September 2017 di Bangkok, Thailand. Hal ini dikatakan Ketua Relawan TIK (Teknologi, Infomasi dan Komunikasi) Indonesia Hani Purnawanti saat audiensi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di ruang Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (14/08/2017) sore.

Menurut Hani

Capaian dan rangking Kota Bogor dalam penerapan Smart City yang merupakan salah satu yang terbaik menjadi latar belakang ITU. Untuk itu, pihaknya mengajak Kota Bogor berbagi pengalaman tentang ide-ide Smart City yang mungkin bisa dijalankan kota-kota lain di dunia. “Sebelumnya relawan TIK pernah berkunjung ke Kota Bogor beberapa waktu lalu dan tim yang menginterview cita-cita Pak Wali tentang Smart City itu seperti apa,” kata Hani.

Menanggapi undangan tersebut

Bima yang didampingi Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Setda Kota Bogor Tyas Ajeng dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfostandi) Kota Bogor Firdaus mengaku akan menyiapkan bahan-bahan dan pengalamannya  untuk dibagikan kepada kota-kota lain.

Pada kesempatan tersebut

Bima juga menjelaskan implementasi penerapan Smart City Kota Bogor seperti pembangunan Bogor Green City (BGR) yang dilengkapi dengan sistem yang saling terkoneksi untuk memonitor segala sesuatunya, diantaranya CCTV yang dapat memantau kondisi lalu lintas Kota Bogor, proses perizinan secara online, pajak secara online, KTP-nisasi pohon-pohon yang ada di Kota Bogor dan hal lainnya.

Smart City

“Pada dasarnya adalah bagaimana mengintegrasikan data dari berbagai sumber, selain itu penerapan Smart City dalam rangka memberi pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Kota Bogor,” tutur Bima sambil menambahkan keterbatasan anggaran dan Sumber Daya Manusia (SDM) tidak menyurutkan usaha Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dalam menerapkan konsep Smart City.

 

Artikel terkait :