Forum AALGOA Bahas Pertanian Perkotaan

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Forum AALGOA Bahas Pertanian Perkotaan
Keterlibatan Kota Bogor

Forum AALGOA Bahas Pertanian Perkotaan

Posted in : Pendidikan on by : admin

Forum AALGOA Bahas Pertanian Perkotaan

 

Forum AALGOA Bahas Pertanian Perkotaan

Bahas Pertanian Perkotaan

Bulan November 2016 lalu, Wali Kota Bogor Bima Arya memenuhi undangan International Federation Of Organik Agriculture Movements (IFOAM) atau Federasi Pertanian Organik Asia  dalam forum Association of Asian Local Governments for Organic Agriculture (AALGOA) yang diselenggarakan di Kota Kisarazu, Jepang.

Korea Selatan

Tahun 2017 ini, Bima kembali mendapat undangan dalam forum serupa yang akan dilaksanakan di Korea Selatan pada akhir Agustus 2017. Hal tersebut dikatakan Board Member IFOAM Asia, Indro Surono saat audiensi dengan Wali Kota Bogor Bima Arya di ruang Paseban Punta, Balai Kota Bogor, Selasa (15/08/2017).

Menanggapi undangan tersebut, Bima menyampaikan permohonan maaf karena bisa hadir, namun dirinya berjanji akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mewakilinya dalam forum yang pada tahun 2018 mendatang rencananya akan dilaksanakan di Filipina.

Melalui forum AALGOA

Melalui forum AALGOA yang melibatkan pemerintah daerah di kawasan Asia diharapkan bisa saling belajar dan berbagi pengalaman, ide, kebijakan dan program terkait pengembangan pertanian maupun kota yang ramah lingkungan. “Itu tujuan yang ingin kita capai,” ujar Indro yang juga pengurus Indonesia Organic Alliance (Aliansi Organik Indonesia).

Keterlibatan Kota Bogor

Keterlibatan Kota Bogor yang memiliki keterbatasan lahan pertanian dalam AALGOA menurut Indro Surono lebih kepada pengembangan pertanian perkotaan yang dalam implementasinya adalah pemanfaatan lahan pekarangan atau lahan sempit untuk pertanian perkotaan. Selain itu, konsep Green City (Kota Hijau) yang dilakukan Kota Bogor yang pada tahun 2016 lalu dipresentasikan Pak Bima Arya saat di Jepang,” jelas Indro.

Sekedar informasi

Kota Bogor dan Kota Kisarazu sudah menjalin kerjasama, kerjasama yang disepakati antara kedua kota itu berfokus di bidang pariwisata, pendidikan, pertanian, kebudayaan, dan kesehatan.

Sumber : https://symbiantweet.com/