Jokowi Minta Perbaikan Kualitas Pendidikan Vokasi Besar-besaran

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Jokowi Minta Perbaikan Kualitas Pendidikan Vokasi Besar-besaran

Jokowi Minta Perbaikan Kualitas Pendidikan Vokasi Besar-besaran

Posted in : Pendidikan on by : admin

Jokowi Minta Perbaikan Kualitas Pendidikan Vokasi Besar-besaran – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin rapat terbatas tentang pembangunan SDM dalam rangka akselerasi perkembangan ekonomi. Jokowi meminta perbaikan kualitas pendidikan dibongkar besar-besaran.

“Perbaikan sistem edukasi kita terutama melewati revitalisasi edukasi vokasi yang dicocokkan dengan keperluan industri dan pertumbuhan teknologi. Dalam empat tahun terakhir kita sudah memulai tahapan perombakan dan perbaikan dalam sistem edukasi vokasi kita. Tetapi saya kira anda belum secara full mengerjakan perombakan besar-besaran,” ujar Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/11/2018).

Perombakan ini dilaksanakan mulai dari sekolah kejuruan atau SMK. Kurikulum serta pengaturan kompetensi ini akan dibongkar mulai tahun 2019.
“Perombakan yang saya dan anda lakukan di SMK, baik dalam kurikulum maupun pengaturan kompetensi. Terutama guna guru-guru saya lihat pun sudah dimulai. Tapi sekali lagi ini membutuhkan sebuah perombakan yang besar dan kita mohon mulai tahun depan sungguh-sungguh dilakukan besar-besaran,” kata Jokowi.

Solusi penambahan kualitas SDM berikutnya ialah keterampilan pekerja dengan pelatihan vokasi maupun program sertifikasi. Jokowi meminta pesantren-pesantren turut dilibatkan.

“Saya menyaksikan misalnya di Kementerian PU program sertifikasi untuk semua pekerja pun program yg paling bagus. Tetapi memang jumlahnya masih kecil dan program ini melibatkan pemerintah, dunia usaha, dan dunia pendidikan. Termasuk melibatkan pesantren-pesantren. Sehingga anda harapkan semua santri tidak saja mendapatkan edukasi agama, tetapi pun bekal keterampilan,” papar Jokowi.

Selengkapnya:  sekolahan.co.id