Faktor pendukung kelapa kopyor dan Varietas Kelapa

  1. Home
  2. /
  3. Budidaya
  4. /
  5. Faktor pendukung kelapa kopyor dan Varietas Kelapa

Faktor pendukung kelapa kopyor dan Varietas Kelapa

Posted in : Budidaya on by : admin

Faktor pendukung kelapa kopyor dan Varietas Kelapa

Pada dasarnya cuma dikenal dua varietas kelapa,yaitu varietas Nana yang lazim disebut kelapa geniah dan varietas ica yang lazim disebut kelapa dalam.Genjah artinya usia jadi panennya lebih muda,dibandingkan bersama dengan kelapa dalam.Tetapi tersedia terhitung penggolongan varietas kelapa berdasarkan perbedaan-perbedaan usia saat pohon jadi berbuah, wujud dan ukuran buah, warna buah, menurut cii-ciri genotipnya.

Syarat Tumbuh Kelapa tumbuh di semua tipe tanah terlebih yang punya kandungan pasir,asalkan tanah tersebut mempunyai syarat-syarat sebagai tersebut :

Setruktur Tanah

  • Mempunyai struktur tata udara dan sistem perairan di dalam tanah yang baik. Pada tanah yang punya kandungan pasir dan bahan organik yang memadai banyak, tanaman kelapa sanggup tumbuh baik.
  • Derajat keasaman (pH) tanah sebaiknya berkisar pada 6,5 – 7.5,bila keasaman tanah sangat tinggi (pH lebih kecil berasal dari 6,5) tanah sanggup diberi kapur untuk menguranginya yang kerap di sebut sebagai kapur kaptan.
  • Tipe tanah yang andaikan memadai baik bagi perkembangan kelapa adalah tanah liat yang punya kandungan sedikit pasir bersama dengan tata udara dan peresapan air yang baik,atau tanah pasir bersama dengan letak air tanah yang memadai di dalam dan sedikit punya kandungan tanah liat.

Iklim

  • Iklim,sangat berpengaruh terhadap perkembangan pohon kelapa. Karena besasal berasal dari daerah khatulistiwa, maka pohon kelapa sanggup tumbuh bersama dengan baik terhadap daerah tropis yang beriklim panas bersama dengan kelembapan udara yang memadai tinggi 50 LU-15 Ls).

Di daerah-daerah yang letaknya lebih rendah,kelapa tetap sanggup tumbuh meskipun tidak menghasilkan buah.

Faktor-faktor iklim yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pohon kelapa adalah wilayah perkembangan kelapa ketinggian tanah berasal dari permukaan air laut, dimana kelapa sanggup tumbuh jadi berasal dari darerah pantai sampai daerah bersama dengan ketinggian tanah 900 – 1.000 mdpl, suhu lingkungan berpengaruh terhadap dasyaknya memproses buah yang dihasilkan,di mana kisaran suhu yang optimum bagi perkembangan kelapa adalah 270-28%.

Kelembapan udara terhitung pengaruhi perkembangan tanaman muda,perkembangan daun,dan buah. Kelembapan udara yang baik bagi kelapa berkisar pada 80-90 persen.Curah hujan yang disenangi adalah yang merata penyebarannya dan juga lama penyinaran matahari yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan fisik pohon kelapa,pertumbuhan bunga,dan buah.

Waktu pemanenan buah kelapa sanggup berbeda-beda,tergantung terhadap faktor-faktor varietas kelapa,faktor tanah iklim,serta sakap pemeliharaan. Kelapa di dalam umumnya jadi sanggup dipanen buahnya, andaikan udah berusia 6-8 tahun. Sedangkan kelapa genjah udah sanggup dipanen buahnya terhadap usia 3 4 tahun.

Masa memproses kelapa tertinggi terhitung berbeda-beda,tergantung terhadap varietas buahnya.Pada kelapa dalam,masa itu dicapai sehabis berusia 15-20 tahun namun terhadap kelapa geniah, masa itu dicapai di dalam usia 10-18 tahun.

Setelah mengalami memproses buah yang tertinggi tersebut,maka memproses buahnya berangsur alami penurunan sampai pada akhirnya capai usia 30-40 tahun. Usia pohon kelapa yang panjang dan juga memproses buah yang tinggi cuma bakal tercapai andaikan situasi lingkungan (tanah, iklim) yang memadai dan juga cara perawatan yang diberikan oleh pemiliknya. www.lele.co.id

Perlakuan pemeliharaan yang baik bakal menciptakan hasil kelapa yang maksimal, bersama dengan varietas apapun itu terkait bersama dengan pengalaman kita di dalam pemeliharaan. Faktor pendukung yang sangat di butuhkan sangat menunjang perkembangan tanaman kelapa.