Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

  1. Home
  2. /
  3. Budidaya
  4. /
  5. Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly
Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

Posted in : Budidaya on by : admin

Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

Ikan Molly (Poecilia sphenops) berasal berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan ini berupa omnivore. Ukuran tubuhnya relatif memadai besar, maksimal kurang lebih 12 cm. Hingga kini telah banyak varietas yang beredar di pasaran bersama dengan warna dan bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Molly balon, misalnya, yang bertubuh seperti bola dapat nampak sangat bagus seperti maskoki mini apabila ukurannya telah besar.

Peluang Usaha Budidaya Ikan Molly

Di habitat aslinya, molly berharap suhu perairan 25 – 28° C bersama dengan pH 8 dan kekerasan kurang lebih 14-20° dH. Namun, gara-gara telah lama dipelihara di area bersama dengan pH netral (sekitar 7) maka kala ini tampaknya pembudidayaan di area ber-pH netral pun telah tidak ada masalah. Hanya saja model ikan ini tidak cukup toleransinya terhadap pergantian atau goncangan suhu yang tinggi.

Memelihara ikan hias di didalam akuarium telah menjadi kegemaran bagi beberapa besar penduduk di Indonesia. Selain bisa dijadikan alat untuk berikan kesegaran pikiran, memelihara ikan hias juga bisa dijadikan bahan hiburan untuk diri kita dan keluarga. Salah satu model ikan hias yang sangat fenomenal kala ini yakni ikan molly. Tubuh ikan molly yang mungil tetapi sangat lucu menjadikannya ikan hias yang digemari oleh banyak orang. Fenomena ini memang bisa kita jadikan ajang usaha yang menguntungkan terkecuali kita senang memakai peluang yang ada.

Dengan digemarinya ikan molly oleh banyak orang maka kita bisa mencoba budidaya ikan molly gara-gara secara otomatis model ikan ini punyai banyak konsumen. Namun jangan cuma membayangkan perihal keuntungannya saja, kita wajib mendalami seluk beluk teknik budidaya ikan molly sehingga berhasil didalam menggerakkan usaha tersebut. terhadap postingan ini dapat diberikan beberapa materi perihal langkah budidaya ikan molly yang bisa Anda seluruh pelajari sehingga bisa menjadi referensi untuk mendapatkan gambaran perihal bagaimana langkah beternak ikan molly.

Teknik Beternak Ikan Molly
Persiapan Kolam Budidaya
Teknik beternak ikan molly memang memadai ringan apabila kita punyai kedisiplinan dan senang studi bersama dengan benar. Dalam budidaya ikan molly, awal mulanya persiapan yang wajib kita lakukan yakni sebabkan kolam ikan berasal dari semen maupun sediakan akuarium bersama dengan ukuran, umumnya yakni 100 cm x 40 cm x 50 cm. Namun setidaknya kita wajib menyiapkan dua model kolam, satu untuk area pembesaran bersama dengan ukuran yang telah disebutkan tadi dan satu lagi untuk area perkawinan bersama dengan ukuran yang lebih kecil.

Pembibitan Ikan Molly
Selain membeli langsung bibit-bibit ikan molly berasal dari para penyedia bibit ikan untuk dibesarkan, kita juga bisa memproses sendiri bibit-bibit ikan molly bersama dengan langkah mengawinkan induk betina dan induk jantan. Jika kita mengidamkan mendapatkan bibit-bibit yang bagus, maka hendaknya kita juga menyiapkan indukan-indukan yang bagus. Secara umum indukan yang bagus adalah induk betina dan induk jantan yang telah siap kawin, punyai tubuh yang sempurna, dan juga bebas berasal dari masalah penyakit.

Perkawinan bisa kita lakukan bersama dengan memasang induk ikan jantan dan betina di didalam satu wadah yang berukuran tidak sangat besar. Induk dapat langsung saling mendekat dan memulai ritual mereka. Selanjutnya cuma didalam hitungan menit induk betina dapat bertelur dan langsung dibuahi oleh induk jantan. Proses selanjutnya bisa terjadi hingga satu jam. Selanjutnya telur-telur selanjutnya dapat menetas dan menjadi larva.

Proses Pembesaran Ikan Molly
Setelah menjadi larva, bibit-bibit ikan molly dapat tetap berkembang hingga terlihat telah habis kuning telurnya dan bisa berenang. Pada kala ini maka kita wajib langsung memindahkan seluruh bibit selanjutnya beserta induk jantan ke kolam atau akuarium yang lebih besar. Pakan yang diberikan untuk sistem pembesaran bibit yakni kutu air. Setelah sepuluh hari, ikan dapat terlihat lebih besar dan kita wajib memindahkan mereka ke area yang baru lagi. Proses perpindahan selanjutnya bisa dijalankan setiap sepuluh hari sehingga perkembangan ikan lebih optimal.

Pemberian Pakan dan Pengendalian Penyakit
Untuk pembesaran bibit ikan molly, pakan yang biasa diberikan yakni kutu air, kuning telor mentah, dan infusaria. Kemudian sesudah berumur 17 hari ikan bisa kita beri tambahan makanan berupa cacing sutra. Untuk melindungi kesegaran ikan, kita bisa mencampuri air bersama dengan air rebusan daun ketapang dan garam yang telah diendapkan bersama dengan jumlah secukupnya. Perlu diingat bahwa akuarium yang lebih besar dapat lebih baik pula bagi perkembangan ikan molly. Itulah penjelasan perihal pemeliharaan atau langkah ternak ikan molly. www.budidayaternak.com