Tips Ajarkan Anak Sholat Sejak Usia Dini

  1. Home
  2. /
  3. Pendidikan
  4. /
  5. Tips Ajarkan Anak Sholat Sejak Usia Dini

Tips Ajarkan Anak Sholat Sejak Usia Dini

Posted in : Pendidikan on by : admin

Sebagai orangtua yang baik pastinya Anda semua ingin jika anak-anak nantinya jadi anak sholeh atau sholehah. Pastinya tak akan pernah ada orangtua yang inginkan anak-anaknya terjerumus dan juga terperosok ke jalan-jalan yang tak benar yang selalu disebarkan oleh setan, musuh kita semua sebagai umat beragama Islam. Dan salah satu cara yang dapat membentengi diri pada setan adalah dengan jalankan dan dirikan sholat.

Tips Ajarkan Anak Sholat Sejak Usia Dini

Tips Ajarkan Anak Sholat Sejak Usia Dini

Sebetulnya mengajarkan anak Andn sholat dan akan pentingnya sholat ini memang semestinya sudah dimulai sejak dalam kandungan. Seorang bunda yang selalu menjaga wudhu dan sholatnya ketika hamil artinya telah mengenalkan sholat pada buah hatinya yang ada di dalam kandungan. Makna dari bacaan sholat pun nantinya akan terekam dan  juga akan memberi pengaruh positif bagi anak dalam kandungan. Ini pentingnya mendidik anak dalam kandungan.

Tips ajarkan anak sholat sejak usia dini

Mendidik atau pun mengajarkan anak sholat sejak usia dini merupakan suatu hal yang memang tak boleh dikesampingkan oleh orangtua. Sebab hal yang demikian ini merupakan salah satu kewajiban Anda sebagai orangtua. Semuanya tersebut juga akan bermula dari keteladanan orangtua. Menyaksikan melihat orangtuanya lakukan sholat 5 waktu di setiap harinya sejak dini, menjadikan akan terpicu dan juga terbiasa untuk meniru. Dan pada saat anak Anda memasuki usia sekolah, yakni sekitar 7 tahun, maka mulailah anak untuk siap masuk masa untuk pelajari tata sholat yang baik dan benar. Dan pastinya juga tentang cara berwudhu yang benar. Dan ini merupakan aslah satu bagian dari tips atau trik mengajarkan anak sholah dalam ajaran Islam.

Beberapa tips yang bisa dilakukan pada fase ini adalah dengan mengajarkan rukun sholat lewat pedekatan prakter secara langsung. Misalnya saja pada waktu sholat orangtua mengajak sih kecil untuk langsung lakukan sholah dengan bimbingan. Mulai dari tara cara berwudhu pada anak, dan bagaimana membentuk barisan, shaf pada sholat diikuti dengan praktek sholat itu sendiri yang benar serta hafalkan doa-doa secara bertahap.

Pada saat anak usia 10 tahun, anak masih belum juga ikut perintah sholah, maka Anda diingatkan dari sebuah hadist yang telah diriwayatkan oleh Al Imam Abu Dawud bahwasannya Rasulullah SAW bersabda “suruhlah anak-anak kalian untuk sholat saat berumur 7 tahun dan bila telah berumur 10 tahun, tapi tidka mau mengerjakan sholat maka pukulah”. Ungkapan tersebut juga perlu dimaknai dengan hati-hati dan secara arif. Sebab makna pukulan di sini bukannya melakukan hukuman atau kekerasan, tapi konsekuensi yang tegas saat anak menolak untuk sholat.

Demikian tips ajarkan anak sholat sejak usia dini yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi. sumber : www.dosenpendidikan.com